Bagaimana Jin Masuk Ke Tubuh Manusia?

Jin dan syaitan memiliki jasad. Hakekat ini sudah diketahui dan tidak ada yang mengingkarinya kecuali oleh orang yang jahil atau sombong. Adapun bagaimana jin itu mampu untuk masuk ke dalam tubuh manusia dan hewan sedangkan mereka berjasad, maka kami katakan bahwa hal ini nyata dan merupakan keyakinan yang tidak terbantahkan.

Alasannya adalah bahwa Allah Subhaanahu wata’ala, telah memberikan kemampuan kepada jin dan syaitan untuk berubah dari penciptaan asal mereka dan perubahan ini bisa menjadi bentuk jasad yang lain.

Misalnya, jin berubah bentuk menjadi manusia dan kadang-kadang berubah bentuk menjadi angin dan udara. Jin itu mampu berubah menjadi angin dan udara dengan izin Allah Subhaanahu wa ta’ala, sehingga mereka mampu untuk masuk ke dalam tubuh manusia dan berjalan di setiap urat dari urat-urat manusia sebagaimana mengalirnya air dalam urat-urat.

Dalil yang menunjukkan tentang hal ini adalah sabda Rasulullah Shallallohu ‘alaihi wa sallam:

إِنَّ الشَّيْطَانَ يَجْرِي‎ ‎مِنِ ابْنِ آدَمَ مَجْرَى‎ ‎الدَّمِ

“Sesungguhnya syaitan berjalan dalam tubuh manusia di tempat peredaran darah.” (HR. Al Bukhari: 7171 dan Muslim: 2175 dari hadits Shafiyyah Radhiyallahu ‘anha)

Dalam hadits Anas Radiallohu ‘anhu, yang diriwayatkan oleh Muslim (2611), Ahmad (3/229) dan selain keduanya bahwa Rasulullah Shallallohu ‘alaihi wa sallam, bersabda :

لما صور الله آدم في الجنة تركه‎ ‎ما شاء الله أن يتركه فجعل إبليس‎ ‎يطيف به ينظر ما هو فلما رآه أجوف‎ ‎عرف أنه خلق خلقا لا يتمالك

“Ketika Allah membentuk Adam di surga, Allah pun meninggalkannya sesuai dengan kehendak-Nya. Maka Iblis pun mengintai (Adam) dan memperhatikan bagaimana keadaannya. Ketika melihat ada sisi yang kosong, maka dia pun mengetahui bahwa Allah telah menciptakan satu ciptaan yang tidak mampu untuk menahan diri.”

Bukti nyata akan hal itu tatkala orang yang kerasukan mendapati waswas dalam dirinya yang bukan merupakan kehendak jiwanya yang diluar keinginannya. Bahkan sebagian manusia dikuasai oleh syaitan dengan waswas sampai syaitan bisa menguasainya secara keseluruhan sehingga dia melakukan berbagai perbuatan yang memudharatkan dirinya seperti memukul, membunuh dan yang lainnya. [1]

Penjelasan Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullahu

Suatu hari Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullahu ditanya: “Adakah dalil yang menunjukkan bahwa jin dapat masuk ke dalam tubuh manusia?”

Beliau menjawab: “Ya. Ada dalil dari Al-Qur`an dan As-Sunnah yang menunjukkan bahwa jin dapat masuk ke dalam tubuh manusia.

Dari Al-Qur`anul Karim, adalah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

الَّذِيْنَ يَأْكُلُوْنَ الرِّبَا‎ ‎لاَ يَقُوْمُوْنَ إِلاَّ كَمَا‎ ‎يَقُوْمُ الَّذِي يَتَخَبَّطُهُ‏‎ ‎الشَّيْطَانُ مِنَ الْمَسِّ

“Orang-orang yang makan riba itu tidaklah dapat berdiri (bangkit dari kuburnya) melainkan seperti berdirinya orang yang kerasukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila.” (Al-Baqarah: 275)

Al-Imam Ibnu Katsir rahimahullahu berkata: “Orang-orang pemakan riba itu tidaklah dibangkitkan dari kubur mereka di hari kiamat melainkan seperti bangkitnya orang yang kesurupan saat setan merasukinya.”

Sedangkan dalil dari As-Sunnah adalah sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

إِنَّ الشَّيْطَانَ يَجْرِي مِنِ‏‎ ‎ابْنِ آدَمَ مَجْرَى الدَّمِ

“Sesungguhnya setan itu dapat berjalan pada tubuh anak cucu Adam melalui aliran darah.” (HR. Al-Bukhari, Kitab Al-Ahkam no.7171 dan Muslim, Kitab As-Salam no. 2175)

Abul Hasan Al-Asy’ari rahimahullahu dalam Maqalat Ahlis Sunnah Wal Jama’ah berkata: “Bahwasanya mereka –yakni Ahlus Sunnah– menyatakan: ‘Sesungguhnya jin dapat masuk ke dalam tubuh orang yang kesurupan’.” Beliau berdalil dengan ayat (275 dari surat Al-Baqarah) di atas.

Abdullah bin Al-Imam Ahmad rahimahumallahu berkata: “Aku pernah berkata pada ayahku: ‘Sesungguhnya ada sekelompok orang yang mengatakan bahwa jin itu tidak dapat masuk ke dalam tubuh manusia.’ Maka ayahku berkata: ‘Wahai anakku, mereka itu berdusta. Bahkan jin dapat berbicara melalui mulut orang yang kesurupan.’

Ada beberapa hadits dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang diriwayatkan Al-Imam Ahmad dan Al-Baihaqi: “Bahwasanya seorang bocah gila didatangkan di hadapan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata (kepada jin yang merasukinya, -pent) : Keluarlah wahai musuh Allah! Aku adalah Rasulullah.’ Maka sembuhlah bocah tersebut.” (Al-Musnad, no. 17098, 1713)

Dari sini engkau dapat mengetahui bahwa permasalahan masuknya jin ke dalam tubuh manusia ada dalilnya dari Al-Qur`anul Karim dan juga dua dalil dari As-Sunnah.

Inilah sesungguhnya pendapat Ahlus Sunnah Wal Jamaah dan para imam dari kalangan as-salafush shalih. Realita pun membuktikannya. Walaupun demikian kami tidak mengingkari adanya penyebab lain bagi penyakit gila seperti lemahnya syaraf atau rusaknya jaringan otak, dll.” (Dikutip dan diterjemahkan dari kitab Al-Fatawa Asy-Syar’iyyah fil Masa`il Al-‘Ashriyyah Min Fatawa ‘Ulama Al-Balad Al-Haram, hal. 1563-1564) [2]

Penyebab Kesurupan

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullahu menjelaskan bahwa masuknya jin pada tubuh manusia bisa jadi karena dorongan syahwat, hawa nafsu dan rasa cinta kepada manusia, sebagaimana yang terjadi antara manusia satu sama lainnya. Terkadang -atau bahkan mayoritasnya- juga karena dendam dan kemarahan atas apa yang dilakukan sebagian manusia seperti buang air kecil, menuangkan air panas yang mengenai sebagian mereka, serta membunuh sebagian mereka meskipun manusia tidak mengetahuinya.

Kalangan jin juga banyak melakukan kedzaliman dan banyak pula yang bodoh, sehingga mereka melakukan pembalasan di luar batas. Masuknya jin ke tubuh manusia terkadang disebabkan keisengan sebagian mereka dan tindakan jahat yang dilakukannya. (Idhahu Ad-Dilalah Fi ‘Umumi Ar-Risalah, hal. 16)

Bagaimana kita menghindari gangguan-gangguan itu?

Ibnu Taimiyah rahimahullahu menjelaskan: “Adapun orang yang melawan permusuhan jin dengan cara yang adil sebagaimana Allah dan Rasul-Nya perintahkan, maka dia tidak mendzalimi jin. Bahkan ia taat kepada Allah dan Rasul-Nya dalam menolong orang yang terdzalimi, membantu orang yang kesusahan, dan menghilangkan musibah dari orang yang tertimpanya, dengan cara yang syar’i dan tidak mengandung syirik serta tidak mengandung kedzaliman terhadap makhluk. Yang seperti ini, jin tidak akan mengganggunya, mungkin karena jin tahu bahwa dia orang yang adil atau karena jin tidak mampu mengganggunya. Tapi bila jin itu dari kalangan yang sangat jahat, bisa jadi dia tetap mengganggunya, tetapi dia lemah. Untuk yang seperti ini, semestinya ia melindungi diri dengan membaca ayat Kursi, Al-Falaq, An-Nas (atau bacaan lain yang semakna, ed), shalat, berdoa, dan semacam itu yang bisa menguatkan iman dan menjauhkan dari dosa-dosa…” (Idhahu Ad-Dilalah, hal. 138)

Pembaca, demikian yang dapat kami paparkan di sini, mudah-mudahan dapat mewakili apa yang belum lengkap penjelasannya. Wal’ilmu ’indallah. [3]

Faidah : [4]

Syaikh Wahid Abdus Salam Bali menjelaskan sebab-sebab gangguan jin secara singkat, yaitu:

1. Jin lelaki jatuh cinta kepada orang wanita atau jin perempuan jatuh cinta kepada orang lelaki.

2. Kezhaliman manusia terhadap jin dengan menumpahkan air panas kepadanya atau menimpanya dari tempat yang tinggi dan lain sebagainya.

3. Kezhaliman jin terhadap manusia seperti mengganggunya tanpa sebab. Dalam hal ini jin tidak bisa mengganggu manusia kecuali dalam salah satu dari empat keadaan berikut ini:
a. Marah sekali
b. Takut sekali
c. Senantiasa bernafsu syahwat
d. Lalai sekali

_______________
[1] Diambil dari http://www.salafybpp.com/index.php?option=com_content&view=article&id=97:bagaimana-jin-dan-syaitan-itu-masuk-ke-dalam-tubuh-manusia-sementara-mereka-berjasad-&catid=1:aqidah-islam&Itemid=28
[2] Diambil dari http://www.asysyariah.com/syariah.php?menu=detil&id_online=357
[3] Diambil dari http://www.asysyariah.com/syariah.php?menu=detil&id_online=350
[4] Diambil dari buku “Kesurupan Jin dan Cara Pengobatannya Secara Islami” karya Syaikh Wahid Abdus Salam Bali, penerbit Robbani Press, hal. 96-97, cet. kesepuluh, Syawal 1424 H/Desember 2003.

About these ads

Tentang Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 16/03/2010, in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink. 10 Komentar.

  1. Hmmm…Ana masih ga percaya klo makhluk halus bisa masuk ke tubuh kita…
    Bukan kah ditubuh kita ada roh kita?

    • Ini adalah perkara ghaib yang mesti kita yakini (imani), walaupun akal belum mampu menerima akibat keterbatasannya. Karena semua yang datang dari Allah dan Rasul-Nya baik yang terdapat di dalam Al-Qur’an ataupun As-Sunnah (hadits Rasulullah) adalah benar! Allah Ta’ala berfirman:

      “Apa saja yang didatangkan oleh Rasul kepadamu maka terimalah, dan apa saja yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah.” (QS. Al-Hasyr: 7)

      Maka wajib bagi kita meyakini dan membenarkan kabar ini (masuknya jin ke tubuh manusia). Keragu-raguan yang terbetik dalam hati adalah datang dari syetan, karena syetan hendak mengajak manusia mengkufuri Allah. Maka kewajiban kita berikutnya adalah memohon perlindungan kepada Allah dari bisikan-bisikan syetan, yakni dengan ber-ta’awudz membaca: A’udzubillahi minasy syaithanirrajim.

      Takutlah kita untuk meragukan ayat-ayat Allah meski hanya satu huruf sekalipun! Karena siapa yang meragukan kebenaran Al-Qur’an, dikhawatirkan ia akan menjadi kafir. Na’udzubillahi min dzalik.

  2. badrul hafiz adzizan

    Bagaimana untuk kita mengenali ahli keluarga kita berdamping dengan jin!

  3. dulu,aku sering diganggu oleh JIn.Aku dengar dari orang-orang pinter.katanya barang itu adlh kiriman orang lain.
    sekali barang itu datang,badan terasa merinding,dipukul pukul,denger suara bisikan bisikan.
    gimana ya pak,untuk lepas total dari barang itu

    • Semakin mendekatlah kepada Allah dgn banyak berdoa kepada-Nya, membaca Al-Qur’an, berdzikir, shalat, menuntut ilmu (agama), dan berbagai amalan shalih lainnya yang dituntunkan Rasulullah.., menuntut ilmu (agama), dan berbagai amalan shalih lainnya yang dituntunkan Rasulullah..

  4. apakah ada kemungkinan bila manusia dapat melihat jin atau makhluk goib lainnya? saya sering mengalaminya. melihat sesuatu yang orang lain tidak dapat melihatnya… ataukah ini hanya halusinasi saya saja???

    • Ya bisa. Sebagaimana dulu sahabat Rasulullah, Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu pernah didatangi setan dalam wujud manusia ketika beliau sedang menjaga zakat. Namun hendaknya hal ini jangan malah melemahkan iman kita, justru semakin mendekatkan kita kepada Allah. Wallahu a’lam.

  5. ohya ada satu lagi, apa boleh manusia dimasuki oleh jin??? saya pernah membaca sebuah buku yang berjudul dialog antara manusia dengan jin muslim. dalam buku tersebut terdapat kutipan yang menerangkan bahwa jin tidak boleh masuk dalam tubuh manusia, jika jin memasuki tubuh manusia maka jin tersebut sudah menjadi syetan….

  6. Assalamualaikum, wr.wb

    Perhari ini jam 22:00wib sy baru mengalami keributan dlm rumah tangga, awalnya sy sedang tidur2xan dan mendengar istri sy bicara kepada ibu (ortu) mengatakan hal kejelekan suami RED dan tiba2 sy terbangun dan telingga sy panas mendengarkannya diulang2x pembicaraannya akhirnya sy tak sadar emosi yg kendalikan lalu sy lemparkan guling dan tangan tampar istri. Melihat ortu istri or ibu mertua langsung bicara tak selayak dirinya dan mengaku sebagai kakeknya istri or bpk dari ibu mertua “yg katanya tdk terima dgn perbuatan sy dan jin tersebut mengancam sy akan menyelakan sy katanya “ketika sy pakai motor akan dicelakan” sy jawab tdk takut sy hanya takut kpd allah dan sedikit sy baca ayat kursi dijawab jin ” tdk takut” dan terus bicara kpd sy tdk henti2 akan mengancam sy dn ibumertua juga bilang berulang kali tdk sudi menerima mantu(ini sdh sering sy dengar jika di sdg dimasuk jin-seringkali)..lalu sy tinggal diam dan sy suruh istri bawa ibumu turun kebawah.. Kebetulan sy usaha warnet didengar ribut2 tambah tdk nyaman tmpt usaha.
    Mohon bantu solusi pak ustadz.. Jajakallah..

  7. apakah ada campur tangan jin saat manusia berpacaran? Mks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.106 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: