Nadzar Aqiqah dengan Seekor Sapi

Pertanyaan: Saya pernah bernadzar, bila saya mendapat anak maka saya akan menyembelih sapi pada aqiqahnya. Kemudian setelah itu, saya membaca hadits dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bahwa aqiqah untuk bayi laki-laki dengan dua ekor kambing dan untuk bayi perempuan dengan seekor kambing. Sekarang istri saya sedang hamil. Apa yang harus saya lakukan?

Syaikh Ubaid Al-Jabiry -hafizhahullah- menjawab sebagai berikut:

Aku memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk menganugerahkan untuk kalian berdua keturunan yang shalih, baik lelaki maupun perempuan.

Wahai anakku, aqiqah yang wajib adalah seperti yang telah engkau sebutkan, yaitu dua ekor kambing untuk bayi lelaki dan seekor kambing untuk bayi perempuan. Akan tetapi engkau telah bernadzar untuk menyembelih seekor sapi, maka wajib bagimu untuk memenuhinya, sebab pemenuhan nadzar adalah wajib. Dan wajib atasmu dalam keadaan ini untuk mencari sapi yang telah berumur dua tahun.

Kemudian jika istrimu melahirkan anak lelaki, maka (dengan menyembelih sapi tersebut) engkat telah melaksanakan aqiqah, yaitu dua ekor kambing untuk anakmu yang terlahir dan selebihnya karena nadzar. (Dengan menyembelih sapi tersebut) seakan engkau telah menyembelih tujuh ekor kambing.

Tadi engkau mengatakan “anak yang akan lahir”, jika yang engkau maksudkan adalah umum (yaitu laki-laki atau perempuan, penj.), maka wajib atasmu untuk menyembelih sapi. Dan jika yang engkau maksudkan adalah bayi lelaki dan ternyata istrimu melahirkan bayi perempuan, maka hendaknya engkau menyembelih satu ekor kambing saja (saja).

[Sumber: Majalah An-Nashihah vol. 14 tahun 1429 H / 2008 M, hal. 10]

About these ads

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 20/04/2010, in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.250 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: