Hukum Puasa Tanpa Sahur

Mungkin ada yang bingung. Semalam sebenarnya sudah berniat untuk berpuasa. Namun, ternyata tidak bangun makan sahur. Bangun paginya pun telat, pas waktu adzan shubuh. Apakah boleh tetap berpuasa ketika itu?

Syaikh ‘Abdul Aziz bin ‘Abdillah bin Baz rahimahullah pernah ditanya: “Ada orang yang tertidur dan luput dari makan sahur di bulan Ramadhan, namun dia sudah berniat untuk makan sahur. Apakah puasanya tetap sah?”

Jawab:

Puasanya tetap sah karena sahur bukanlah syarat sahnya puasa. Makan sahur hanyalah mustahab (dianjurkan atau sunnah). Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Makan sahurlah karena di dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (HR. Bukhari no. 1923 dan Muslim no. 1095)

[Majmu’ Fatawa Ibnu Baz, 15/321]

NB: Jadi jika sudah berniat di malam hari, lalu makan sahurnya kelewatan karena ketiduran misalnya, maka dia masih boleh berpuasa hingga waktu maghrib. Inilah syaratnya, harus ada niat di malam hari terlebih dahulu.

Sumber: http://rumaysho.com/hukum-islam/puasa/2680-tidak-sahur-puasa-tetap-sah-.html

About these ads

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 03/06/2010, in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. 24 Komentar.

  1. oh gitu ya
    kalo gitu beraarti sah donk puasa aku
    alhamdulillah…….

  2. assalamu’alaikum.
    hukum puasa tanpa sahur dan niatnya pagi jam 6 karena tiduran bagaimana ustad,apakah masih dikatakan puasa..terima kasih

    • Seseorang yg berada di bulan Ramadhan, pasti ia telah mempunyai niat utk berpuasa keesokan harinya, disadari atau tidak, dan itu berulang setiap harinya karena niat itu tempatnya di hati, dan tak perlu melafadzkannya. Jadi insya Allah, antum tidak perlu cemas.

      Berbeda halnya bila antum baru mengetahui awal Ramadhan pada siang hari di hari pertama puasa itu, maka tidak sah puasanya. Wallahu a’lam

  3. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Saya sering berpuasa tanpa sahur, di keranakan kadang suka malas bangun untuk sahur. Saya baca niat puasanya sebelum tidur. Bagaimana dengan puasa saya, apakah masih sah?

  4. assalamualaikum

    saya mau tanya jika kita puasa sunah tanpa sahur, kemudian niatnya pagi hari (subuh) itu masih sah atau tidak?
    yang pasti belum makan dan minum

  5. ass… tanks bgt y info nya wat cemuanya.. yg tadinya saya ndak tau jadi tau nie hehheee salam kenal ye… by putra RaGel pin 27FEE90 hehe..

    • afwan mas, assalamu’alaikum-nya jgn disingkat kayak gitu dong, coba deh buka kamus bhs inggrisnya trs cari arti dari kata ASS.. Jazakallahu khairan udah berkunjung ya mas..

  6. Assalamualaukum ustaz saya terlupa untuk bngun sahur untuk puasa isnin dan khamis akan tetapi saya sentiasa ingat akan puasa isnin dan berniat adakah puasa saya boleh diterima dan saya telah meminum air segelas pada pagi hri selepas azan solat subuh selepas itu saya teringat akan saya puasa jadi saya teruskan puasa.?

    • Kalo puasa sunnah tdk disyaratkan utk berniat pd malam harinya, bahkan dulu Rasulullah pernah mendatangi istrinya menanyakan adakah makanan ketika matahari tlh terbit lalu sang istri menjawab tidak ada makanan, maka Rasulullah pun langsung berniat utk berpuasa di hari itu. Tp bila sehabis fajar seseorang tlh makan/minum mk tdk sah puasanya. Wallahu a’lam.

  7. Alhamdulillah
    akhir’a puasa q masih sah donkz yha ustadz,
    alnya drtd ragu nhe, antara sah atw tidak

  8. bolehke kita bayar fidyah pada anak2 yatim atau di pusat penjagaan anak yatim??

    • Yang boleh tidak berpuasa dan wajib membayar fidyah adalah kakek atau nenek tua yg tidak lagi mampu berpuasa. Jg orang sakit yg tidak diharapkan kesembuhannya menurut vonis dokter. Adapun bagi wanita hamil dan menyusui, apakah mengqodho atau membayar fidyah, maka dalil masing2 ulama sangat kuat, Allahua’lam..

      Fidyah lebih utama diberikan pada karib kerabat kita yang miskin, tp yg di luar tanggungan kewajiban nafkah kita. Namun boleh jg diberikan pd anak yatim atau panti asuhan. Intinya fidyah tidak boleh diberikan pada orang-orang yg di bawah tanggungan kita dalam hal nafkah. Allahua’lam

  9. Aldi bimantara

    Saya pagi bangun dan melht udh jam 6 lewat namun karna blog ini akhirx saya tau! Terimakasih puasa saya tetap sah!

  10. Lha niatnya ituw klo g pke bacaan tpi,aqw udh niat dlm hti bwt puasa kaffarat, gimana hukumny? sah g yach

  11. Trimksh atas pertanyaan2 yg udah trjwb .aq jd gak ragu lg wat mnjlnknya.

  12. Assalamuallaikum Ustad, saya semalam niat untuk puasa Ramadhan esok hari, tapi saya ketiduran dan bangun jam 5.30 pagi, tadinya saya mau langsung puasa tanpa makan sahur, tapi saya teringat hadist rasulullah kurang lebih bunyinya ada keberkahan dalam makan sahur, lantas saya makan 3 buah kurma dan 3 teguk air putih lalu saya puasa kembali. pertanyaan saya syah kah puasa saya utstad? tolong pencerahannya

  13. Wa’alaikumussalam warahmatullah. Puasa Anda batal karena telah makan dan minum di waktu yang seharusnya Anda menahan makan dan minum (berpuasa). Anda wajib mengqodho hari tersebut di luar ramadhan dan tidak ada kaffarah. Insya Allah Anda tidak berdosa karena ketidaktahuan Anda dalam hal ini.

    Waktu sahur adalah pada malam hari sebelum masuk waktu subuh. Jika azan subuh telah dikumandangkan, maka tidak ada lagi sahur. yang wajib bagi Anda adalah berpuasa hingga matahari terbenam (dikumandangkan waktu maghrib)

    wabillahitaufiq

  14. Asalamuallaikum pa ustad.
    Bagimana dengan kalau kita sudah berniat untuk puasa, namun setelah tiba saat sahur aku terbangun tapi tidak ikut sahur karna ngantuk smpai tdak ikut shalat shubuh,. Namun setelah pagi harinya saya merasa menyesal karena terpengaruh oleh bisikan iblis dan tetap melaksanakan puasa.. Apakah puasa saya sah p ustat atau?
    Terimakasih atas jwabanya
    Wasalam

  15. Saya berharap puasa Anda tetap sah, karena sahur bukan merupakan keharusan. Hukumnya hanya sekedar sunah yg jika ditinggalkan tidak berpengaruh terhadap puasa.

    Namun Anda berdosa karena tidak melakukan shalat Subuh. Pasanglah alarm tiap hari untuk membangunkan Anda shalat Subuh.

    Sebagian ulama berpendapat murtadnya seorang yg meninggalkan shalat secara sengaja tanpa udzur. Jika seorang telah murtad (keluar dr Islam), maka seluruh amal ibadahnya tidak diterima.

    Bertaubatlah kepada Allah dan jangan sekali-kali kita meremehkan permasalahan shalat.

    wabillahittaufiq

  16. Assalamualaikum
    saya mau bertanya saya semalam tidur mau sahur tapi sudah masuk adzan saya bangun dan saya langsung niat puasa tanpa minum sedikit pun apakah sah puasa saya

  1. Ping-balik: Rangkuman Artikel Menyambut Ramadhan (Edisi Lengkap) | Jυrηαl Sαlαfiyυη

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.290 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: