Mengapa Harus Duduk Iftirasy ketika Shalat 2 Rakaat?

Pertanyaan: Assalamu’alaikum. Mohon penjelasan dalil duduk iftirasy pada rakaat terakhir shalat 2 rakaat? Mengapa tidak tawarruk menurut hadist Bukhary – Abu Humaid? Jazakumullah.
(Arjuna S, ST. AAAIK)

Jawaban:

Ada dua hadits yang menunjukkan disyari’atkannya duduk iftirosy pada raka’at terakhir dari sholat-sholat dua raka’at, yaitu:

Hadits Pertama:
Hadits ‘Abdullah bin Zubair radhiyallahu ‘anhu. Beliau berkata:

“Adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila beliau duduk dalam dua raka’at, beliau menghamparkan kaki kirinya dan menegakkan yang kanan, beliau meletakkan ibu jarinya di atas jari tengah dan beliau berisyarat dengan telunjuknya, beliau meletakkan telapak tangan kirinya di atas paha kirinya, sedang telapak tangan kanannya menggenggam lututnya.” (HR. Ibnu Hibban (5/370/1943) dengan sanad yang hasan)

Hadits Kedua:
Hadits Wa`il bin Hujur radhiyallahu ‘anhu. Beliau berkata, menceritakan sifat sholat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam:

“Dan apabila beliau duduk dalam dua rakaat, beliau membaringkan kaki kirinya dan menegakkan kaki kanannya, beliau meletakkan tangan kanannya di atas paha kanannya seraya menegakkan jarinya untuk berdoa, dan beliau meletakkan tangan kirinya di atas paha kirinya.” (HR. An-Nasa`i (2/236/1159) dengan sanad yang shohih)

Adapun hadits Abu Humaid riwayat Imam Al-Bukhary, maka justru dia mendukung makna kedua hadits di atas, yakni Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam duduk iftirosy pada raka’at kedua. Beliau bercerita tentang sifat sholat Nabi shallallahu
‘alaihi wasallam:

“Dan apabila beliau duduk pada dua rakaat, beliau duduk di atas kaki kirinya dan menegakkan yang kanan. Kemudian apabila beliau duduk di rakaat terakhir, beliau memajukan kaki kirinya dan menegakkan kaki yang lainnya dan beliau duduk di atas tempat duduknya.” (HR. Al-Bukhari no. 794)

Dan ada beberapa dalil lain yang menguatkan makna di atas, bisa dilihat dalam Sunan Abi Daud (734, 858) dari hadits ‘Abdullah bin Maslamah dan ‘A`isyah radhiyallahu ‘anhuma, dan keduanya dishohihkan oleh Syaikh Al-Albany dalam Shohih Sunan Abi Daud (1/213, 243).

Berlandaskan semua hadits-hadits di atas, maka Al-Lajnah Ad-Da`imah menguatkan bahwa yang sunnah dalam sholat yang dua raka’at, baik yang wajib maupun yang sunnah adalah duduk iftirosy. Lihat Fatawa Al-Lajnah Ad-Da`imah (7/15-18).

[Dijawab oleh Ust. ‘Abdul Qodir dan Ust. Hammad]

Sumber: http://almakassari.com/mengapa-harus-duduk-iftirasy-ketika-shalat-2-rakaat.html

About these ads

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 08/06/2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 5.284 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: