Menyikapi Orang-orang Jama’ah Tabligh

Oleh: Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz rahimahullah

Si penanya ini mengaku bahwa ia awam dan ia mengadukan banyaknya Jama’ah Tabligh yang berdatangan ke rumahnya dan ia tidak tahu apa yang harus ia lakukan terhadap mereka?

Jawab:

Pertama, Merujuklah engkau kepada ahli ilmu -sebagaimana yang telah kami kemukakan-, mereka itu adalah orang-orang yang telah dikenal kelurusan manhajnya dan benarnya akidahnya, ambillah ilmu dari mereka dan belajarlah!

Kedua, Usirlah mereka, katakan kepada mereka: “Aku tidak menginginkan kalian, jangan kalian datang ke rumahku selama-lamanya, aku bukan termasuk bagian dari kalian dan kalian bukan termasuk bagian dariku, enyahlah dariku, aku tidak menginginkan kalian.”

Jama’ah Tabligh adalah jama’ah bid’ah yang sesat dan menyesatkan, mereka adalah shufiyyah yang terselubung. Urusannya berujung -yakni urusan orang yang masuk di dalam Jama’ah Tabligh- kepada pembai’atan empat thariqat shufiyyah, antara lain: jisytiyyah, qadiriyyah, naqsyabandiyyah, suhrawardiyyah.

Bacalah -mudah-mudahan Allah Azza wa Jalla memberkatimu-, tulisan Syaikh Sa’ad Al-Hushain -semoga Allah Azza wa Jalla menjaganya-, tulisan saudara Nizar Al-Jarbu’i, tulisan Syaikh Hamud At-Tuwaijiri -semoga Allah Azza wa Jalla merahmatinya-, demikian pula buku-buku Syaikh Muhammad Aslam -semoga Allah merahmatinya-, penjelasan kitab Syaikh Muhammad Aslam -kalau tidak salah berjudul: “Jama’atut Tabligh Maa Lahaa wa Maa ‘alaiha” atau yang seperti demikian. Syaikh Taqiyuddin Siraj -semoga Allah merahmatinya- telah menulis sebuah syarh yang diberi judul oleh beliau: “As-Sirajul Munir”.

Sumber: Berdamai dengan Yahudi karya Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz (penerjemah: Luqman Yazid), penerbit: Maktabah Al Manshurah, Ambon. Hal. 139-140.

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 10/06/2010, in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 23 Komentar.

  1. yang sesat itu antum….hanya iblis laknatullah lah yang menghalangi manusia menyampaikan kalimat tauhid.antum hany sibuk dengan keilmuan dan berdebat tahukah antum berapa banyak orang yang kafir tapi antum semua tidak ada gerakan…saya juga seperti antum tapi alhamdulillah Allah berikan pemahan yang benar…semoga antum juga cepat insyaff.sekarang apa sumbangsih auntum untuk agama ini sudah berapa banyak umat islam antum islamkan>>>>???orang bijak berkata sebelum mmenghujat orang lain hujat lah diri sendiri dulu…orang yang sesatlah yang merasa diri paling benar.

  2. Assalamualaikum
    mohon maaf….bukankah seseorang yang berlaku kasar terhadap org lain adalah perbuatan Zalim.??
    dan anda menyuruh org lain untuk berbuat zalim!!
    terhadap org kafir pun kita dianjurkan Rasulullah untuk baik kecuali jika kita diserang!!!!!Nah sekarang seseorang yang mengajak ke tauhid kok dikira org mau nyerang????
    Aneeh….seharusnya sesama penyampai agama itu jgn saling mengzalimi

  3. Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh.

    Barakallahu fiik. Para ulama berfatwa terhadap Jamaah Tabligh tentu saja setelah mengetahui keadaan mereka yang sesungguhnya. Jadi, apakah benar mereka mendakwahkan tauhid, mungkin artikel berikut dapat menjelaskannya: Mengenal Akidah Jama’ah Tabligh « https://fadhlihsan.wordpress.com/2010/02/10/mengenal-akidah-jamaah-tabligh/

    Kemudian yang mesti kita pahami adalah bahwa para ulama bila melarang seseorang dari bergaul dengan kelompok ahlu bid’ah, semacam Jamaah Tabligh, adalah dalam rangka beramar ma’ruf nahi mungkar dan bukan bertujuan mendholimi kelompok tsb. Justru sebuah kedholiman apabila seorang ulama yg mengetahui sebuah kesesatan namun malam mendiamkannya dan tidak melarang masyarakat menjauh darinya. Semoga bisa dipahami!

  4. Alhamdulillah sholat Isyroq amalan Jamaah Tabligh sekarang sudah diamalkan juga oleh para penentang Jamaah Tabligh

    • Shalat isyraq bukanlah amalan khusus orang2 jamaah tabligh saja, bahkan dia adalah amalan sunnah yg berlandaskan hadits shahih. Shalat isyraq adalah permulaan shalat dhuha, sebab waktu dhuha dimulai dari terbitnya matahari. Penamaan shalat yang dikerjakan pada permulaan shalat dhuha, yang kemudian dinamakan shalat isyraq berasal dari Ibnu Abbas. Ringkasnya, shalat isyraq dikerjakan pada awal waktu dhuha. Wallahu a’lam. (Lihat: Shalat Sunat Rasulullah (judul asli: Bughyatul-Mutathawwi’ fi Shalatit- Tathawwu’) oleh Dr. Muhammad bin Umar bin Salim Bazmul, terbitan Darul Falah) Wallahu a’lam.

  5. Bertobatlah orang yang mengaku2 salaf pengikut salafus saleh, karena kelaukuan kalian ini sama dengan orang khawarij, semoga Allah mengampuni kalian semua dan saya.

    Rasullullah SAW bersbada:
    Rasulullah saw bersabda: “Apabila umatku sudah mengagungkan dunia maka akan dicabutlah kehebatan Islam; dan apabila mereka meninggalkan aktivitas amar ma’ruf nahi munkar, maka akan diharamkan keberkahan wahyu; dan apabila umatku saling mencaci, maka jatuhlah mereka dalam pandangan Allah.”
    “Hampir tiba suatu masa dimana berbagai bangsa/kelompok mengeroyok kamu, bagaikan orang-orang yang kelaparan mengerumuni hidangan mereka.” Seorang sahabat bertanya: “Apakah karena jumlah kami yang sedikit pada hari itu?” Nabi SAW menjawab: “(Tidak) Bahkan jumlah kamu pada hari itu sangat banyak (mayoritas), tetapi (kualitas) kamu adalah buih, laksana buih di waktu banjir, dan Allah mencabut rasa gentar terhadap kamu dari hati musuh-musuh kamu, dan Allah akan menanamkan penyakit “al wahnu”. Seorang bertanya, “Apakah al wahnu itu Ya Rasulallah?” Rasulullah menjawab: “Cinta dunia dan takut mati.” (HR Abu Dawud).

  6. Qata2 antum bukanlah sebaik Nabi Musa AS dan Kami Tidak Seburuk Firaun Laknatullah.Sedangkan Nabi Musa AS diperintahkan oleh Allah SWT untuk berkata-kata dengan baik kepada Firaun yg mengaku sebagai Tuhan dan Saya Sumpahin Antum untuk Ikut serta kedalam Jamaah Tabligh dan Istiqomah di dalamnya Aaaamiiinn..

    • hamba yg dho'if

      Saya do’akan antum semoga dilindungi oleh Allah subhanahu wa Ta’ala dan semoga antum akhirnya bisa istiqomah diatas manhaj salafus sholeh yg haq.

      Btw, ga baik loh nyumpahin yg buruk2 pada saudaranya sesama muslim.

  7. Barakallahu fiikum. Untuk lebih mengenal Jama’ah Tablig, silakan antum baca artikel berikut: https://fadhlihsan.wordpress.com/2010/02/10/mengenal-akidah-jamaah-tabligh/
    semoga bermanfaat.

  8. Bismillah,
    pendiri jama’ah tabligh :
    jama’ah tabligh didirikan oleh seorang SUFI dari tarekat Jisytiyyah yang beraqidah Maturidiyyah dan bermahdzab fiqh Hanafi. ia bernama Muhammad Ilyas bin Muhammad Ismail Al Hanafi Ad Diyubandi Al Jisyti Al Kandahlawi, kemudian Ad Dihlawi. Al Kandahlawi merupakan nisbat dari Kandahlah. sebuah desa yang terletak di daerah Sahranfur, sementara Ad Dihlawi dinisbatkan kepada Dihli (New Dehli), ibu kota India. Ditempat dan negara inilah, markas gerakan jama’ah tabligh berada. Adapun Ad Diyubandi adalah nisbat dari Diyuband, yaitu madrasah terbesar bagi penganut madzhab Hanafi di semenanjung India. sedangkan Al Jisyti dinisbatkan kepada TAREKAT Al Jisytiyyah, yang didirikan oleh Mu’inuddin Al Jisyti.
    Muhamamad ilyas sendiri dilahirkan pada tahun 1303 H dengan nama asli Akhtar Ilyas. Ia meninggal pada tanggal 11 rajab 1363 H. (Bis Bri Musliman, hal.583, Sawanih Muhammad Yusuf, hal. 144-146, dinukil dari Jama’atut Tabligh Mafahim Yajibu An Tushahhah, hal. 2)

  9. Asy-Syaikh Saifurrahman bin Ahmad Ad-Dihlawi mengatakan, ”Ketika Muhammad Ilyas melihat mayoritas orang Meiwat (suku-suku yang tinggal di dekat Delhi, India) jauh dari ajaran Islam, berbaur dengan orang-orang Majusi para penyembah berhala Hindu, bahkan bernama dengan nama-nama mereka, serta tidak ada lagi keislaman yang tersisa kecuali hanya nama dan keturunan, kemudian kebodohan yang kian merata, tergeraklah hati Muhammad Ilyas. Pergilah ia ke Syaikhnya dan Syaikh tarekatnya, seperti Rasyid Ahmad Al-Kanhuhi dan Asyraf Ali At-Tahanawi untuk membicarakan permasalahan ini. Dan ia pun akhirnya mendirikan gerakan tabligh di India, atas perintah dan arahan dari para syaikhnya tersebut.” (Nazhrah ‘Abirah I’tibariyyah Haulal Jama’ah At-Tablighiyyah, hal. 7-8, dinukil/diambil dari kitab Jama’atut Tabligh Aqa’iduha Wa Ta’rifuha, karya Sayyid Thaliburrahman, hal. 19)
    Merupakan suatu hal yang ma’ruf di kalangan tablighiyyin (para pengikut jamah tabligh, red) bahwasanya Muhammad Ilyas mendapatkan tugas dakwah tabligh ini setelah kepergiannya ke makam Rasulullah  (Jama’atut Tabligh Mafahim Yajibu An Tushahhah, hal. 3).

  10. Fadhail A’mal karya Muhammad Zakariya Al-Kandahlawi, merupakan kitab yang penuh dengan kesyirikan, bid’ah, dan khurafat. Di antara sekian banyak kesesatan mereka dalam masalah aqidah adalah2:

  11. Al-Imam asy-Syafi’i rahimahullahu berkata:

    “Siapa yang menasihati saudaranya dengan sembunyi-sembunyi, sungguh ia benar-benar telah menasehatinya dan menghiasinya. Siapa yang menasihati saudaranya dengan terang-terangan (di depan khalayak umum), sungguh ia telah mencemarkannya dan menghinakannya.”

    (Syarh Shahih Muslim)

  12. udah jangan pada adu argumen,,, lebih baik koreksi diri,, belum tentu yg menghina lebih baik dari yang dihina.
    kalau memang tablig sesat biar ALLAH yg menghukum,, ALLAH yg maha tau,, jadi kita manusia tak usah sok tau lah.
    yahudi senang lo kalau kita berpecah belah begini,,,
    program yahudi untuk menghancurkan umat islam harus kita waspadai,,
    jangan sampai kita jadi boneka nya si yahudi.

  13. maaaf maaf saja ya. IBARAT kalian (salafi) ini katak dalam tempurung, merasa benar dan paling besar dalam keilmuwannya sementara ente tidak melihat dunia ini luas. dan ALLAH MAHA BESAR.

    kalau merasa paling benar harusnya ente bantu kami berdakwah. bukan cuman ghibah doang kerjaannya ama nyari-nyari kesalahan orang lain.

    jika cuman nyari kesalahan teman sendiri kapan Islam akan maju..?? sekarang siapa yang sesat ? ente atau kami (jama’ah penebar kebenaran Islam)

    • Alhamdulillah, kami pun berdakwah, menerangkan kpd masyarakat mana yg benar mana yg salah, mana itu tauhid dan mana yg syirik, mana sunnah mana bid’ah. Kami pun mengajak mereka berdzikir dgn dzikir2 yg dicontohkan oleh Rasulullah dan kami pun mengajak masyarakat agar meneladani akhlak beliau. Seorang yg berakal jernih pasti dpt membedakan mana dakwah yg benar mana yg batil, mana caci maki mana nasehat. Wallahu a’lam.

  14. jadi, kami (Jama’ah Tabligh) dianggap sesat ya bahkan mungkin dianggap bukan bagian dari islam karena dituduh pelaku bid’ah sesat. sampai-sampai cuman mau silaturahim aja diusirr dengan sadis. kaya ngusir kucing aja. padahal kami juga muslim. beginikah sikap ahlussunah kepada sesama muslim??? bukannya menerima tamu baik-baik lalu kemudian juga diluruskan dengan baik pula.

    diakhir zaman ini masih ada orang yang mau menghidupkan agama Allah malah dibilang sesat. lalu yang tidak sesat berarti yang enak-enakan nonton tv dan mainan hp sambil facebukan ria dirumah tidak peduli dengan agama dan umat islam, apakah itu yang benar???

    sungguh mungkin karena kesombongan kalian (merasa paling suci dan benar) sehingga menolak kebenaran dan sukanya mencari-cari aib saja.

    • Seorang muslim, selama dia tdk mengerjakan amalan yg membuatnya keluar dari Islam tetaplah ia seorang muslim. Hanya saja bila telah jelas kebenaran baginya dan bahwa apa yg selama ini ia amalkan adalah keliru, maka wajib baginya segera rujuk kpd kebenaran dan meninggalkan kekeliruan2nya selama ini. Semoga Allah menambah petunjuk kpd kita..

  15. Sudah kah sikap kita bernuansa Laa Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah. Sikap itu sebagai dasar ummat islam untuk berniat berfikir dan berbuat khususnya dalam suasana seperti ini…

  16. umar abdul malik al yasin

    TUTUP SAJA SITUS INI.PD MAU JD AHLI GHIBAH APA AHLUSUNNAH?????? APAKAH SAMA AIR YG DIAM DENGAN AIR YG BRGERAK???..APAKAH SAMA YG BUTA DENGAN YG MELIHAT????:AIR JANGAN DI LIHAT WARNANYA .MINUM DULU BARU KOMENTAR.SY MAU TANYA KE ANTUM.APA 7an TERTINGGI DLM ISLAM.?????? SIAPA YG DI SEBUT GOLONGAN KANAN??????…SY SIAP BERGURU SAMA ANTUM DAN IKUTI TAKLIM ANTUM.

  17. umar abdul malik al yasin

    SIAPAPUN ANTUM MOHON TUTUP SAJA SITUS INI.CUMA BIKIN PECAH BELAH UMAT.ISTGFAR ISTGFAR…AHLUSH SUNNAH APA AHLI GHIBAH?????

  18. umar abdul malik al yasin

    INIKAH CARA DAKWAH DAN CARI ILMU IKUT NABI SAW DAN PARA SAHABAT?????.kalau SATELIT HANCUR TRUS LISTRIK MATI.DAKWAH TERHENTI?????.. Terus apakah Nabi saw mengajarkan menghina???..mengajarkan ghibah?????..tutup mas ksian amal baik antum terbakar gara2 buka situs DEBAT INI.YG BYK MENIMBULKAN MADHOROT DR PD MANFAATNYA….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: