Najiskah Air Ketuban?

Dijawab oleh: Al Ustadz Dzulqarnain bin Muhammad Sunusi

Tanya: Bismillah. Afwan mau tanya, apakah air ketuban najis? Dan apakah ibu hamil yang air ketubannya sudah pecah dan merembes, masih bisa shalat? Jazakallahu khairan. (08525595***)

Jawaban:

Satu hal yang dimaklumi bahwa salah satu hal yang menahan perempuan untuk mengerjakan shalat adalah karena keluarnya darah haidh. Hal ini berdasarkan hadits:

“Bukankah, kalau sedang haidh, (seorang perempuan) tidak mengerjakan shalat dan tidak pula berpuasa?” (Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu)

Para ulama bersepakat bahwa darah nifas adalah sama dengan darah haidh dalam hal menghalangi seorang wanita untuk melaksanakan shalat dan puasa.

Juga hal yang telah dimaklumi bahwa air ketuban tidak tergolong sebagai darah haidh, dan tidak pula terhitung sebagai darah nifas. Oleh karena itu, keluarnya air ketuban bukanlah penghalang seorang perempuan untuk melaksanakan shalat dan menunaikan puasa, pada saat dia mampu berpuasa.

Perlu diketahui pula bahwa air ketuban yang keluar dari seorang perempuan bukanlah pembatal wudhu karena tidak ada dalil yang menunjukkan tentang hal tersebut. Namun, apabila air ketuban yang keluar terlalu banyak, sebaiknya seorang perempuan mengulangi wudhunya agar terhindar dari silang pendapat dalam masalah ini. Wallahu a’lam.

Sumber: Majalah Asy-Syifa edisi 03/1433/2012, hal. 54-55.

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 23/04/2012, in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: