Hukum Membuka Hijab di Dalam Mobil

Oleh: Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah

Pertanyaan: Berkaitan dengan pengajar atau siswi, ketika naik bus atau mobil yang mengantarkan mereka ke sekolah, kami perhatikan ada sebagian dari mdreka yang menyingkap wajah di dalam mobil. Alasan mereka melakukan hal demikian adalah bahwa tidak ada orang yang melihat mereka. Bagaimanakah pendapat anda? Lalu bagaimana dengan sopir yang terus menerus mengantar mereka, padahal mereka dalam keadaan menyingkap wajah?

Jawaban:

Perbuatan seorang wanita menyingkap wajahnya, dalam keadaan terlihat oleh laki-laki, adalah perbuatan haram dan tidak halal, baik ia seorang pengajar atau murid, entah di dalam mobil atau saat berjalan kaki di pasar. Akan tetapi seandainya ia di dalam mobil dan tidak terrlihat oleh orang yang berjalan di balik kaca, kemudian antara para wanita tersebut dan si sopir ada penutup, maka tidak apa-apa dalam kondisi seperti ini mereka menyingkap wajah. Karena mereka seperti berada di dalam sebuah kamar seorang diri tanpa disertai laki-laki.

Adapun jika kaca mobil itu transparan yang mana orang di dalam mobil bisa terlihat, atau kaca tersebut tidak tembus pandang namun antara para wanita itu dengan si sopir tidak ada penghalang, maka mereka tidak boleh menyingkap wajah, agar mereka tidak terlihat oleh si sopir ataupun lelaki lain di pasar.

Dan gaji si sopir bukan barang haram, karena para wanita ini tidak menyewa mobil dengan tujuan menyingkap wajah mereka. Akan tetapi si sopir harus harus menyuruh mereka menutup wajah. Jika mereka menolak dan tetap menyingkap wajah, maka hendaknya dia membuat tirai di mobil itu, atau menggunakan kaca penutup, dan membuat hijab antara dirinya dan mereka. Dengan begitu, hal yang terlarang tadi menjadi hilang.

(Majmu’ah As’ilah Tahummu al-Usrah al-Muslimah)

Sumber: Majalah Akhwat Shalihah vol. 16/1433 H/2012, hal. 84-85.

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 25/05/2012, in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: