Hukum Menghilangkan Bulu Kaki bagi Wanita

Oleh: Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah

Pertanyaan: Ada masalah yang sering terjadi di kalangan sebagian wanita. Mereka mendatangkan wanita lain ke rumah dengan tujuan membantu menghilangkan bulu badan dan paha. Apakah wanita ini boleh melihat paha wanita yang akan dia hilangkan bulunya? Kemudian apakah perbuatan ini termasuk keadaan darurat?

Jawaban:

Keadaan ini bukan termasuk keadaan darurat, karena menghilangkan bulu paha dan betis perlu ditinjau lagi kehalalannya. Sebab bulu termasuk ciptaan Allah Subhanahu wa Ta’ala, dan merubah ciptaan Allah pada hal-hal selain yang dibolehkan oleh-Nya merupakan bisikan dari setan, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

“Dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka mengubahnya.” (An-Nisa’: 119)

Dan bulu termasuk ciptaan Allah Subhanahu wa Ta’ala sehingga ia tidak boleh dihilangkan kecuali yang memang disyariatkan untuk dihilangkan seperti bulu kemaluan, ketiak, dan kumis bagi laki-laki. Bulu seperti ini dihilangkan. Adapun bulu betis dan paha tidak boleh dihilangkan. Namun seandainya bulu betis dan paha seorang wanita begitu lebat sehingga menjadi seperti betis lelaki, maka tidak apa-apa dihilangkan.

Sedangkan jika bulu paha cukup lebat, ia tidak perlu dihilangkan oleh wanita lain, akan tetapi dihilangkan oleh wanita itu sendiri. Karena tidak ada keperluan untuk meminta tolong kepada wanita lain. Sekarang ini sudah ada produk-produk untuk menghilangkan bulu, berupa gel dan sebagainya. Dengan sekedar dioleskan, maka bulu pun akan lepas. Seorang wanita hendaknya menggunakan produk seperti ini (bukan dengan mendatangkan wanita lain -pent.), tapi dengan syarat berdasarkan petunjuk dokter.

(Majmu’ah As’ilah Tahummu al-Usrah al-Muslimah)

Sumber: Majalah Akhwat Shalihah vol. 16/1433 H/2012, hal. 86.

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 26/05/2012, in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: