Pikiran Melayang ketika Shalat, Apa Solusinya?

Tanya: Saya seorang wanita yang mengerjakan ibadah yang diwajibkan Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada saya, hanya saja di saat mengerjakan shalat saya banyak lupa di mana saya shalat sedangkan pikiran saya bisa melayang-layang mengingat beberapa kejadian pada hari tersebut. Padahal sebelumnya pikiran itu tidak terlintas di benak saya melainkan setelah saya mulai melakukan shalat. Saya tidak mampu lepas dari hal ini kecuali ketika membaca bacaan shalat dengan keras. Lalu apa yang anda nasihatkan kepada saya?

Jawab:

“Masalah yang anda keluhkan ini banyak pula dikeluhkan oleh orang yang shalat, ketika setan membuka pintu waswas baginya di tengah shalat. Terkadang ada orang selesai dari mengerjakan shalatnya dalam keadaan ia tidak tahu apa yang tadi diucapkan/dibacanya saat shalat. Akan tetapi penyakit yang demikian telah diberikan bimbingan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam untuk mengatasinya yaitu dengan meniup (meludah kecil) ke arah kiri tiga kali dan mengucapkan: ‘audzu billahi minasy syaithani rajim. Bila ia lakukan hal ini, akan hilanglah darinya apa yang didapatinya dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Bagi orang yang masuk dalam amalan shalat hendaknya meyakini ia sedang berada di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala, sedang bermunajat dengan Allah Subhanahu wa Ta’ala, bertaqarrub/mendekat kepada-Nya dengan membesarkan dan mengagungkan-Nya serta membaca kalam-Nya, disertai doa yang dipanjatkan pada tempat-tempat yang memang disyariatkan untuk berdoa dalam shalat.

Apabila seseorang bisa merasakan perasaan seperti ini dalam shalat maka ia bisa masuk menghadap Rabbnya dengan khusyuk, penuh pengagungan, mencintai kebaikan yang ada di sisi-Nya, serta takut akan hukuman-Nya apabila ia sampai tidak serius menunaikan kewajiban yang Allah Subhanahu wa Ta’ala tetapkan atasnya,” demikian jawaban dari Fadhilatusy Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah. (Fatawa al-Mar’ah, 1/32-33)

Sumber: Majalah Asy Syariah no. 80/VII/1433 H/2012, hal. 102.

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 05/06/2012, in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. meludahnya sebelum apa sesudah shalat? trims

  2. ohh gitu..
    bagus dan sangat membantu.
    izin mau pasang link di sidebar berapa per 4 bulannya??
    thank’s gan…

    • Wah maaf, kalau di blog ini tdk menyediakan space iklan di sidebar, iklan hanya bisa saya tampilkan di header blog perbulannya 10rb (selengkapnya bisa dilihat di menu Halaman Iklan). Kalau mau iklan di sidebar bisa ke blog saya yg lain di http://fadhlihsan.blogspot.com (atau klik aja iklan kuning dipojok itu). Sbg info, blog saya yg lain itu perharinya diklik antara 700-900an, dan yg iklan di situ otomatis akan diiklankan jg di header blog ini.

  3. Saya juga mengalami seperti itu…sring skali saya tidak sadar akn sholat yg saya lakukan ternyata sudah selesai….pikiran saya tidak bisa kushyuk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: