Sakitnya Orang Kafir Menggugurkan Dosa?

Soal: Apakah benar sakit yang menimpa orang tuaku adalah bukti kecintaan Allah kepadanya, berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam yang artinya, “Sesungguhnya Allah jika mencintai seorang hamba Ia Subhanahu wa Ta’ala akan mengujinya.”, walaupun orangtuaku tidak shalat sebelumnya, dan apakah sakit tersebut meringankan dosa baginya?

Jawab:

Seorang mukmin yang tertimpa musibah sakit atau selainnya, akan digugurkan dosa-dosanya karenanya. Berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam:

“Tidaklah suatu musibah pun yang menimpa seorang muslim kecuali Allah akan menghapus dosanya, sampai pun duri yang mengenainya.” (HR. Ahmad, Al Bukhari, dan Muslim)

Diriwayatkan pula bahwa beliau shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Sesungguhnya besarnya pahala sesuai dengan besarnya musibah. Dan sesungguhnya jika Allah mencintai suatu kaum, Ia akan mengujinya. Maka barangsiapa yang ridha, maka Allah pun ridha kepadanya, dan barangsiapa yang marah, maka baginyalah kemurkaan Allah.” (HR. At Tirmidzi)

Ini bagi seorang mukmin. Adapun orang yang kafir, maka musibah tersebut adalah hukuman yang disegerakan baginya. Dan orang yang meninggalkan shalat terhitung sebagai orang yang kafir sesuai pendapat terkuat dari dua pendapat ulama.

Wa billahit taufiq, wa shallallahu ‘ala nabiyina Muhammad wa aalihi wa shahbihi wa sallam.

(Al Lajnah Ad Daimah Lilbuhutsi Al ‘Ilmiyati wal Ifta’)

Sumber: Majalah Tashfiyah edisi 14 vol. 02 1433 H – 2012 M, hal. 47-48.

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 23/06/2012, in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. astagfirullah astagfirullah ,mohon tanggapannya mas,bapak? silahkan buka website ini: http://indonesia.faithfreedom.org kesannya menjelekkan islam .

    • Memang sdh banyak yg mengecam situs ini krn isinya yg menghina Islam. Semoga Allah secepatnya menghancurkan situs2 spt ini. Saran kami, jgn kunjungi apalagi ikut berdebat di dalamnya krn madharat yg ditimbulkan lbh besar drpd manfaat yg kita peroleh. Lbh baik sibukkan diri kita dgn ilmu2 dr situs2 yg bermanfaat.

  2. apakah tidak sebaiknya diberi peringatan dulu?

    • Kayaknya dulu sudah ada (semacam) ‘gerakan’ dari ikhwan di dunia maya utk memblokir situs ini, tp ternyata blm berhasil. Semoga Allah mempermudahnya di lain waktu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: