Haruskah Dokter Berkata Jujur Atas Penyakit yang Menimpa Pasiennya?

Oleh: Asy-Syaikh al-Utsaimin rahimahullah

Tanya: Kalau seorang dokter telah mengetahui bahwa pasiennya menderita penyakit berat seperti kanker, apakah ia memberitahu pasiennya mengenai hal itu, ataukah ia cukup menggunakan ungkapan yang samar dan tidak berterus terang karena khawatir pasien tersebut akan terpengaruh secara psikis.

Dan bagaimana dokter tadi harus bersikap manakala pasiennya melontarkan pertanyaan yang langsung ke titik permasalahan tentang kondisi penyakitnya. Apakah dokter itu harus mengatakan yang sebenarnya apapun yang terjadi, atau bagaimana?

Jawab:

Hal ini berbeda untuk setiap pasien. Ada pasien yang memiliki kepribadian tegar. Ia tidak ambil peduli apakah penyakitnya itu mematikan atau tidak. Pasien seperti ini harus diberitahu dengan kenyataan sebenarnya, karena bisa jadi ia memiliki hubungan khusus terkait keluarganya, atau hubungan umum dengan orang banyak yang perlu ia perbaiki. Dalam kasus seperti ini, pasien harus diberitahu, walhamdulillah.

Sedangkan kalau si pasien memiliki kepribadian yang lemah, dan dikhawatirkan akan terpengaruh kalau diberitahu bahwa penyakitnya mematikan, lalu pikirannya akan tertuju hanya kepada penyakit yang dideritanya, maka ia tidak diberitahu. Dimaklumi bahwa ketika seorang yang sakit selalu memikirkan penyakitnya, dan penyakit tersebut membuatnya sedih, ia akan semakin sakit. Akan tetapi kalau ia bersikap seakan-akan tidak tahu atau lupa, dan seolah-olah tidak mengalami sakit sedikit pun, maka ini salah satu sebab kesembuhan yang paling besar. Jadi permasalahannya berbeda untuk setiap orang.

(Disadur oleh Tim Naskah dari Irsyaadaat Lith Thabiib al-Muslim)

Sumber: Majalah Jurnal Asy Syifa edisi 04/1433/2012, hal. 48-49.

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 13/09/2012, in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: