Jalan-Jalan Setan Menggoda Manusia

Pertanyaan: Apa saja jalan masuknya setan untuk menggoda manusia?

Jawab:

Jalan yang digunakan setan untuk masuk pada manusia banyak sekali, di antaranya,

• Setan mendatanginya dari arah syahwat kemaluannya, hingga setan mendorongnya untuk berbuat zina dan mengarahkan dia untuk bersepi-sepi/berduaan dengan wanita-wanita ajnabiyah (nonmahram), memandang mereka, bercampur baur (ikhtilath) dengan mereka, mendengar nyanyian-nyanyian para biduanita, dan semisalnya. Terus-menerus setan memfitnahnya hingga ia jatuh ke dalam perbuatan fahisyah/keji.

• Setan mendatanginya dari arah syahwat perut, maka setan mendorongnya untuk makan yang haram, minum khamr (minuman yang memabukkan), menghisap candu, dan semisalnya.

• Setan mendatanginya dari jalan ambisi untuk memiliki (materialistis), senang pada kekayaan dan kemegahan, akhirnya setan mendorongnya untuk bermudah-mudah dalam menempuh sebab beroleh penghasilan yang halalkah ataukah yang haram (tidak ambil peduli), maka dia pun tidak peduli bila harus memakan harta orang lain dengan cara yang batil, baik berupa praktik ribawi, mencuri, mengambil dengan diam-diam, merampas, menipu, dan semisalnya.

• Setan mendatanginya dari arah ambisi kekuasaan, ingin ditinggikan dan diagungkan (senang kekuasaan), maka dia pun berlaku sombong dan berlaku jahat pada manusia, menghina mereka, dan mencela/mengolok-olok mereka.

Dan masih banyak jalan yang lain yang ditempuh setan untuk mencelakakan manusia.

(Fatwa al-Lajnah ad-Daimah dalam majalah al-Buhuts al-Islamiyyah no. 20, hlm. 182, 183, dinukil dalam Fatawa Ulama al-Balad al-Haram, hlm. 1336)

Catatan kaki:
[1] HR. Al-Bukhari dan Muslim.

Sumber: Majalah Asy Syariah no. 82/VII/1433 H/2012, hal. 101.

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 30/09/2012, in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar