Benarkah Jin Bisa Mencuri Harta?

Oleh: Al-Ustadz Wildan Abu Yasir

Tanya: Apakah jin mampu mencuri harta dari lemari besi brankas dan tempat-tempat terjaga?

Jawab:

Jin mampu mencuri harta manusia dari tempat-tempat yang terjaga baik dari lemari besi brankas, kotak simpanan, atau di tempat yang lainnya. Ketika jin itu mencuri harta seseorang, dia memiliki tujuan-tujuan sebagai berikut:

• Mereka ingin menimbulkan fitnah antara orang yang dicuri hartanya dengan istri, anak, maupun kerabat-kerabat orang itu.

• Mereka ingin memfitnah orang lain yang dia datangi, setelah mencuri harta tersebut dia datang kepada orang lain dan meletakkan harta tersebut di rumahnya atau dicampur dengan harta orang tersebut sehingga orang tersebut menyangka bahwa harta ini adalah karomah yang didatangkan oleh para malaikat, padahal jin ingin menjadikan itu sebagai umpan bagi orang yang memiliki prasangka tersebut untuk melakukan hal-hal yang lainnya seperti memintanya untuk melakukan mantra-mantra sihir.

• Mereka meminta kepada orang yang dicuri hartanya untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan mereka dengan cara mempersembahkan sembelihan untuk mereka atau yang lainnya kemudian jin itu pun mengembalikan hartanya. Mendorong orang yang dicuri hartanya untuk pergi kepada para dukun sehingga dia pun rugi harta dan agamanya.

Laahaula walaaquwwata illah billah..

Jika seorang muslim ingin menjaga hartanya agar tidak dicuri oleh jin dan setan, hendaknya dia melakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Bersemangat untuk mencari harta yang halal dan tidak mencari yang haram. Berkata sebagian ulama: “Usaha para pemberani adalah penghasilan yang halal.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Wahai manusia sesungguhnya Allah itu baik dan tidaklah Dia menerima kecuali yang baik.” Kemudian beliau menyebutkan tentang seorang lelaki berambut kusut dan berdebu yang melakukan perjalanan pamjang lalu menengadahkan tangannya ke langit seraya mengatakan: “Wahai Rabbku. Wahai Rabbku.” Sementara makanannya haram, minumannya haram dan pakaiannya juga haram serta dipenuhi dengan yang haram. Maka bagaimana mungkin doanya akan dikabulkan? (Hadits Riwayat Al-Imam Muslim no. 1015 dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)

2. Hendaknya menyebutkan nama Allah Subhanahu wa Ta’ala ketika hendak meletakkan hartanya di mana saja.

3. Meletakkan penutup di atas hartanya sambil menyebut nama Allah Subhanahu wa Ta’ala atau dia meletakkannya di lemari brankas sambil menyebutkan nama Allah Subhanahu wa Ta’ala saat menutupnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam telah bersabda:

“Jika telah datang malam, maka tahanlah anak-anak kalian karena sesungguhnya setan berkeliaran pada waktu tersebut. Tutuplah pintu-pintu dan sebutlah nama Allah karena setan tidak akan membuka pintu yang tertutup.” (Hadits Riwayat Al-Imam Al-Bukhari no. 3280)

[Lihat kitab “Ahkam At-Ta’amul Ma’a Al-Jin wa Adab Ar-Ruqo Asyar’iyyah”, karangan Asy-Syaikh Abu Nasr Muhammad bin ‘Abdillah Al Imam]

Sumber: Majalah Konsultasi Kita edisi. 2 hal. 40.

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 28/11/2012, in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Sip oke juga infonya. terimakasih banyak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: