Apakah Do’a dan Ibadah Tidak Diterima karena Ada Gambar Bernyawa di Rumah?

Oleh: Sofyan Chalid bin Idham Ruray

Pertanyaan: Ustadz ada yg mau saya tanyakan, apakah benar jika di rumah kita menyimpan benda2 spt boneka, patung, lukisan bergambar makhluk hidup itu maka ibadah kita tidak diterima dan doa kita jg tidak diijabah oleh Allah? Demikian pertanyaan saya syukron.

Jawaban:

Memajang gambar bernyawa di rumah, baik berupa lukisan maupun patung, baik digambar dengan tangan maupun dengan alat (seperti foto dan video), menurut pendapat yang paling hati-hati dan paling kuat insya Allah ta’ala, termasuk dosa besar dan menghalangi masuknya malaikat rahmat ke rumah tersebut, berdasarkan hadits berikut,

ﻋَﻦْ ﻋَﺎﺋِﺸَﺔَ ، ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻨْﻬَﺎ ، ﺯَﻭْﺝِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ‏‎ ‎ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺃَﻧَّﻬَﺎ ﺃَﺧْﺒَﺮَﺗْﻪُ ﺃَﻧَّﻬَﺎ‎ ‎ﺍﺷْﺘَﺮَﺕْ ﻧُﻤْﺮُﻗَﺔً ﻓِﻴﻬَﺎ ﺗَﺼَﺎﻭِﻳﺮُ ﻓَﻠَﻤَّﺎ ﺭَﺁﻫَﺎ‎ ‎ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗَﺎﻡَ‏‎ ‎ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﺒَﺎﺏِ ﻓَﻠَﻢْ ﻳَﺪْﺧُﻞْ ﻓَﻌَﺮَﻓَﺖْ ﻓِﻲ ﻭَﺟْﻬِﻪِ‏‎ ‎ﺍﻟْﻜَﺮَﺍﻫِﻴَﺔَ ﻗَﺎﻟَﺖْ ﻳَﺎ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ ﺃَﺗُﻮﺏُ ﺇِﻟَﻰ‎ ‎ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﺇِﻟَﻰ ﺭَﺳُﻮﻟِﻪِ ﻣَﺎﺫَﺍ ﺃَﺫْﻧَﺒْﺖُ ﻗَﺎﻝَ ﻣَﺎ ﺑَﺎﻝُ‏‎ ‎ﻫَﺬِﻩِ ﺍﻟﻨُّﻤْﺮُﻗَﺔِ ﻓَﻘَﺎﻟَﺖِ ﺍﺷْﺘَﺮَﻳْﺘُﻬَﺎ ﻟِﺘَﻘْﻌُﺪَ‏‎ ‎ﻋَﻠَﻴْﻬَﺎ ﻭَﺗَﻮَﺳَّﺪَﻫَﺎ ، ﻓَﻘَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻﻠﻰ‎ ‎ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺇِﻥَّ ﺃَﺻْﺤَﺎﺏَ ﻫَﺬِﻩِ ﺍﻟﺼُّﻮَﺭِ‏‎ ‎ﻳُﻌَﺬَّﺑُﻮﻥَ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ ﻭَﻳُﻘَﺎﻝُ ﻟَﻬُﻢْ ﺃَﺣْﻴُﻮﺍ ﻣَﺎ‎ ‎ﺧَﻠَﻘْﺘُﻢْ – ﻭَﻗَﺎﻝَ – ﺇِﻥَّ ﺍﻟْﺒَﻴْﺖَ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﻓِﻴﻪِ‏‎ ‎ﺍﻟﺼُّﻮَﺭُ ﻻَ ﺗَﺪْﺧُﻠُﻪُ ﺍﻟْﻤَﻼَﺋِﻜَﺔُ.

“Dari Aisyah radhiyallahu’anha, seorang istri Nabi shallallahu’alaihi wa sallam, bahwasanya beliau mengabarkan kepada Nabi shallallahu’alaihi wa sallam, bahwa beliau telah membeli bantal yang padanya terdapat gambar-gambar bernyawa, ketika Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam melihatnya, maka beliau hanya berdiri di pintu, tidak mau memasuki rumah. Aisyah pun mengetahui ketidaksukaan Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam yang tergambar pada wajah beliau, Aisyah berkata, “Wahai Rasulullah, aku kembali kepada Allah dan Rasul-Nya, apakah dosaku?” Beliau bersabda, “Untuk apa bantal ini?” Aisyah menjawab, “Aku belikan untuk engkau duduk di atasnya dan bersandar padanya.” Maka Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya para pemilik gambar-gambar ini akan diazab pada hari kiamat dan dikatakan kepada mereka: Hidupkan yang telah kalian ciptakan.” Dan Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya rumah yang terdapat padanya gambar-gambar bernyawa tidak akan dimasuki oleh malaikat.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Adapun apakah ibadah dan doa seseorang tidak akan diterima atau diijabah oleh Allah ta’ala karena adanya gambar bernyawa di rumahnya, maka tidak ada dalil khusus yang menerangkan hal itu, namun secara umum, perbuatan dosa dapat menghalangi atau memperlambat terkabulnya do’a, akan tetapi jika Allah ta’ala berkehendak mungkin saja do’a pelaku maksiat itu dikabulkan. Wallahu A’lam.

Pertanyaan: Afwan ustadz, walaupun sudah berusaha sekuat daya, rasanya sangat sulit untuk 100% menghilangkan gambar makhluk bernyawa. Karena di jaman sekarang ini hampir di setiap bungkusan makanan, alat rumah tangga, obat nyamuk, buku-buku, koran, dll, selalu didapati gambar makluk bernyawa. Gimana ustadz? Apakah dengan demikian malaikat rahmat tidak pernah masuk ke dalam rumah yang demikian? Mohon petunjuk antum.
Jawaban:

Bismillaah. Asy-Syaikh Ibnul ‘Utsaimin rahimahullah pernah menjelaskan bahwa gambar-gambar bernyawa yang ada dalam beberapa produk yang dibutuhkan manusia seperti sabun, sampo dan semisalnya, yang akan berakhir di tempat sampah, tidaklah gambar bernyawa yang terlarang masuk dalam rumah kita. Akan tetapi sebagai bentuk kehati-hatian hendaklah kita berusaha untuk segera meminimalisir keberadaan gambar-gambar tersebut. Wallaahu A’lam.

Sumber: http://nasihatonline.wordpress.com/2012/11/03/tanya-jawab-doa-dan-ibadah-tidak-diterima-karena-gambar-bernyawa-di-rumah/

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 06/01/2013, in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. assalamuaikum …
    anak saya sudah kelas 1 smp , tapi masih ada mainannya Dan masih terpajang dilemari kaca , ukuran 20 sampai 30 cm tingginya, ada bentuk manusia dan binatang , apakah termasuk patung pak ustad .?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: