Hukum Acara Halal bil Halal

Tanya: Bismillah. Bagaimana menyikapi acara ba’da Ied yang menjadi kebiasaan masyarakat awam yakni ‘Halal bihalal’?, dan apa maksud arti kalimat tersebut sebenarnya? Jazakumullahu khoiron.

Jawab:

Saya tidak tahu. Saya tidak tahu apa ini pengertian al halal bil halal. Halal dengan halal. Al halal dengan halal. Salamannya dengan wanita yang bukan mahram. Bagaimana itu? Campur aduk? Ikhtilat? Dan seterusnya.

Ini secara syar’i tidak dikenal istilah syar’i yang disebut al halal bil halal. Al halal bil halal, itu tidak dikenal. Tidak diketahui dalam Al Qur’an atau dalam sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, atau para ulama salaf mengistilahkan.

Saya juga tidak pernah dengar di Arab itu istilah halal bil halal, tidak pernah dengar. Tahunya di Indonesia ini, halal bil halal.

Kemudian melihat kenyataan yang terjadi, adalah kemaksiatan. Campur aduk laki-laki perempuan, tujuannya bermaaf-maafan. Mohon maaf lahir batin atas segala kesalahan. Terus jabat tangan dengan perempuan, bagaimana itu? Mohon maaf lahir batin, maafkan kesalahan, (sedangkan) dia berbuat dosa (yakni berjabat tangan dengan bukan mahram) di hadapan Allah Subhanahu Wa ta’ala.

Maka ini bukan halal bil halal. Ini halal bil haram. Ini mestinya disebut al halal bil haram. Mencampuradukan yang halal dengan yang haram. Dengan istilah silaturrahim, macam-macam, maaf-maafan dan seterusnya. Ini pencampuradukan antara yang haq dan yang bathil. Wallahu Ta’ala A’lamu bishawab.

Download Audio di sini.

Sumber: Thalab Ilmu Syar’i dengan sedikit penambahan keterangan, Judul asli “Acara halal bi halal ba’da ied”.

URL: http://www.darussalaf.or.id/fiqih/halal-bi-halal-atau-al-halal-bil-haram/

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 07/08/2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: