Khazanah Islam Vol. 2: Seputar Shahabat

TAHUKAH ANDA?

• Pahlawan perang Badar yang terakhir meninggal dunia adalah Abul Yusr. (Majmu’ Rasail Ibnul Jauzi rahimahullah hal. 159)

• Shahabat terakhir yang meninggal dunia dari kalangan Ahlul Aqabah adalah Jabir bin Abdillah bin Amr radhiyallahu ‘anhu. (Majmu’ Rasail Ibnul Jauzi rahimahullah hal. 195)

• Shahabat terakhir yang meninggal dunia di Makkah adalah Abdullah bin Umar. (Majmu’ Rasail Ibnul Jauzi rahimahullah hal. 195)

• Sa’ad bin Abi Waqqash adalah shahabat terakhir yang wafat, dari sepuluh shahabat yang diberi kabar gembira masuk surga. (Majmu’ Rasail Ibnul Jauzi rahimahullah hal. 200)

• Shahabat terakhir yang meninggal dunia di Kufah adalah Abdullah bin Aufa. (Majmu’ Rasail Ibnul Jauzi rahimahullah hal. 195)

• Shahabat terakhir yang meninggal dunia di Madinah adalah Sahl bin Sa’ad. (Majmu’ Rasail Ibnul Jauzi rahimahullah hal. 195)

TAHUKAH ANDA?

• Tiga orang, sama-sama sepupu, dalam satu masa memiliki nama yang sama. Ketiganya memiliki tiga anak yang sama juga namanya, yaitu Muhammad. Ketiga orang itu juga memiliki ayah yang terhormat. Pertama, Ali bin Al Husain bin Ali bin Abi Thalib. Kedua, Ali bin Abdullah bin Abbas. Ketiga, Ali bin Abdullah bin Ja’far bin Abi Thalib. (Majmu’ Rasail Ibnul Jauzi rahimahullah hal. 200)

• Empat saudara kandung, jarak umur masing-masingnya sepuluh tahun. Mereka adalah putra-putra Abu Thalib. Thalib lebih tua 10 tahun dari Aqil. Aqil lebih tua 10 tahun dari Ja’far. Dan Ja’far lebih tua 10 tahun dari Ali. (Majmu’ Rasail Ibnul Jauzi rahimahullah hal. 200)

TAHUKAH ANDA?

• Afra’ bintu Ubaid adalah seorang ibu yang berbahagia. Tujuh putranya termasuk dalam jajaran prajurit muslim dalam medan Badar. Menikah dengan Al Harits bin Rifa’ah, dan dikaruniai putra; Muadz dan Mu’awidz. Lalu menikah dengan Bukair dan dikaruniai empat putra; Iyas, Khalid, Aqil, dan Amir. Kemudian menikah kembali dengan Al Harits (suami pertama), dan dikaruniai seorang putra; Auf. Ketujuh putranya turut bertempur dalam perang Badar sebagai prajurit muslim. (Majmu’ Rasail Ibnul Jauzi rahimahullah hal. )

• Hindun bintu Utbah adalah seorang wanita yang mengalami momen ajaib. Dalam perang Badar, empat saudara laki-laki dan dua pamannya ikut terjun berlaga. Dua saudaranya; Abu Hudzaifah bin Utbah dan Mush’ab bin Umar (saudara seibu) serta seorang pamannya, Ma’mar bin Al Harits, mereka tergabung dalam barisan muslimin. Sementara dua saudaranya yang lain; Al Walid bin Utbah dan Abu Aziz, serta seorang paman; Syaibah bin Rabi’ah berada dalam barisan musyrikin. (Majmu’ Rasail Ibnul Jauzi rahimahullah hal. 200)

Sumber: Majalah Qudwah edisi 6 vol. 1 1434 H/2013 M.

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 08/09/2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: