Iqamat Tanpa Seizin Imam

Soal: Imam shalat terlambat dari shalat jamaah. Ia baru datang di rakaat kedua atau sekian. Maka saudaraku berkata kepadaku, “Jangan engkau kumandangkan iqamat, kecuali dengan izinnya. Sampai engkau mendatangi rumahnya dan meminta izin kepadanya” Apakah ini benar?

Perlu diketahui bahwa terlambatnya imam terjadi berulang-ulang lebih dari sekali dalam sehari. Padahal, apabila aku menunggu lebih lama dari waktu yang selazimnya, akan memberatkan sebagian orang. Dan mungkin mereka akan shalat sendiri-sendiri kemudian pulang. Apakah termasuk sunah imam bersegera menuju masjid, ataukah ia datang di waktu iqamah? Berikan fatwa kepada kami, semoga anda sekalian diberi pahala.

Jawab:

Engkau tidak perlu pergi ke rumah sang imam untuk memberitahukan waktu shalat kepadanya. Boleh bagimu untuk segera iqamah tanpa izin, bila sang imam belum ada dan terlambat dari waktu biasanya. Karena, dahulu para shahabat di Madinah menjadikan Abu Bakar Ash Shiddiq radhiyallahu ‘anhu (sebagai imam). Dan beliau pun mengimami mereka. Tatkala Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam datang, beliau tidak mengingkari mereka, bahkan beliau membolehkannya tatkala beliau shallallahu ‘alaihi wasallam terlambat dari waktu biasanya.

Dan wajib bagi imam untuk melaksanakan kewajiban-kewajiban sebagai imam sesuai dengan syariat. Sebagai bentuk perhatian kasih sayang terhadap makmum dan pelaksanaan tugas pemerintah yang diberikan kepadanya. Bila imam melakukan kewajibannya maka alhamdulillah, bila tidak, maka laporkan kepada yang berwenang, dalam hal ini kementerian wakaf, supaya memberikan teguran kepada imam tersebut.

Wa billahit taufik wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa aalihi wa shahbihi wa sallam.

[Al Lajnah Ad Daimah Lii Buhutsi Al ‘Ilmiyati Wal Ifta’]

Sumber: Majalah Tashfiyah edisi 27 vol. 03 1434 H – 2013 M, hal. 51-52.

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 06/10/2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: