Khazanah Islam Vol. 4 : Al Qur’an dan Shahabat

TAHUKAH ANDA??

• Untuk mempelajari semua hukum yang disebutkan di dalam surat Al Baqarah, shahabat Umar bin Al-Khaththab memerlukan waktu selama 12 tahun. Sementara Abdullah bin Umar bin Khaththab membutuhkan waktu selama 8 tahun. (Muqaddimah Tafsir Al Qurthubi)

• Sebagian ulama menyatakan bahwa di dalam surat Al Baqarah terdapat 1000 perintah, 1000 larangan, 1000 hukum, dan 1000 berita. (Tafsir Al Qurthubi)

• Di dalam Al Qur’an, surat Al Fatihah disebut sebagai Ummul Qur’an (induk Al Qur’an). Di dalam Sunnah Rasulullah, hadits Umar (innamal a’mal bin niyyat) disebut sebagai Ummus Sunnah (induk As Sunnah). (Al Mufhim karya Al Qurthubi)

• Ada 12 (dua belas) nama untuk surat Al Fatihah. (Tafsir Al Qurthubi)

• Satu-satunya surat di dalam Al Qur’an yang tidak disebutkan huruf Ra’ di dalamnya adalah surat Al Ikhlas. (Al Qawarir karya Ibnul Jauzi)

TAHUKAH ANDA??

• Al Khalil bin Ahmad adalah penemu dan peletak pertama ilmu ‘Aruudh (kaidah-kaidah syair Arab). Disebutkan bahwa beliau pernah berdoa kepada Allah agar diberi rezeki untuk menemukan ilmu yang belum pernah ditemukan sebelumnya. (Siyar A’lam Nubala)

• Begitu cintanya kepada Al ‘Asyrah (sepuluh shahabat yang dijamin surga dan disebutkan di dalam satu hadits), seorang ulama hadits bernama Al Hasan bin ‘Arafah menamakan kesepuluh anak laki-lakinya dengan nama mereka. Disebutkan juga bahwa Al Imam Ibnu Daqiqil Ied juga demikian. (Siyar A’lam Nubala)

• Abdullah bin Busr radhiyallahu ‘anhu adalah shahabat yang diberi umur panjang. Beliau meninggal dalam usia 100 tahun di Syam. Beliau juga meriwayatkan hadits Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, “(Sebaik-baik hamba) adalah yang berumur panjang dan baik amalannya.” (Usudul Ghabah)

• Muhammad bin Maimun Abu Hamzah memiliki gelar As Sukkari (pedagang gula). Akan tetapi, gelar tersebut bukan karena beliau berprofesi sebagai pedagang gula. Gelar ini diberikan karena bahasa dan tutur kata beliau sangat manis. (Siyar A’lam Nubala)

Sumber: Majalah Qudwah edisi 8 vol. 1 1434 H/2013 M.

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 08/10/2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: