Menebus Dosa Pembunuhan yang Dilakukan Ayah

Tanya: Aku mengetahui dari sebagian orang yang mengenal ayahku bahwa beliau membunuh beberapa orang pada peristiwa perampokan. Sementara ayahku meninggal ketika aku masih kecil. Aku menjadi bingung, apa yang dapat aku lakukan demi berbuat baik untuk ayahku. Padahal beliau meninggal dalam keadaan kewajiban haji belum gugur, dan aku pun telah menunaikannya untuk beliau. Sebagai catatan, bahwa beliau tidak memiliki anak selain aku.

Apakah aku harus memberi makan seorang miskin untuk setiap orangnya yang terbunuh? Atau apa yang harus aku lakukan? Adapun membebaskan budak (sebagai penebus, red), demi Allah aku tidak sanggup. Adapun puasa, maka ini sangat susah melakukannya selama setahun penuh. Berilah aku jalan petunjuk, semoga Allah membalasimu dengan kebaikan.

Jawab:

Siapa meninggal di atas keislaman, dalam keadaan telah membunuh satu jiwa atau lebih secara sengaja, maka ia telah melakukan dosa besar selain syirik. Ia sesuai dengan kehendak Allah, bila Allah berkehendak Ia akan mengampuninya atau mengazabnya. Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

“Sesungguhnya Allah tidak mengampuni kesyirikan dan mengampuni selain itu bagi siapa yang Ia kehendaki.” (QS. An Nisa: 48)

Kemudian akan diqishas antara ia (si pembunuh) dan yang dibunuh dalam kebaikan dan keburukannya (maksudnya penyelesaiannya dengan amalan shalih besok ketika hisab, pen).

Adapun kewajibanmu berbakti kepada orang tua adalah dengan memintakan rahmat dan ampunan, serta bersedekah untuk ayahmu. Semoga Allah merahmati dan mengampuninya. Wa billahittaufik, wa shallallahu ‘ala nabiyina Muhammad wa aalihi wa shahbihi wa sallam.

[Al Lajnah Ad Daimah Lilbuhutsi Al ‘Ilmiyati wal Ifta’]

Sumber: Majalah Tashfiyah edisi 23 vol. 02/1434 H/2013, hal. 50-51.

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 17/11/2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: