Bercampurnya Niat Dalam Haji

Tanya: Dahulu ketika aku berumur lhma belas tahun, aku meminta ayahku untuk ikut haji bersamanya. Aku tampakkan kepada beliau bahwa tujuanku untuk melakukan kewajiban haji. Namun sebenarnya tujuan dan niatku bukanlah untuk menunaikan kewajiban haji, tapi karena senang melihat Makkah Al Mukaramah dan Madinah Al Munawwarah, serta tempat-tempat yang disucikan selainnya. Adapun kewajiban haji, aku akan menunaikannya setelahnya insya Allah.

Perlu diketahui bahwa dalam melaksanakan haji tersebut, aku melakukannya dengan sebaik-baiknya. Walaupun aku juga ragu bahwa ada kekurangan dalam melempar jumlah kerikil pada salah satu jumrah. Apakah aku harus mengulangi kewajibanku, karena aku memang bersemangan untuk mengulanginya demi kehati-hatian?

Jawab:

Apabila keadaannya sebagaimana yang engkau sebutkan, engkau menunaikan haji dengan sebaik-baiknya, ketika ihram engkau meniatkan haji, engkau juga melaksanakan seluruh kewajiban-kewajiban haji, maka hajimu benar insya Allah. Kewajiban haji telah gugur darimu. Dan tujuan awal untuk melihat Makkah, Madinah, dan selainnya tidak berpengaruh terhadap keshahihan hajimu.

Kasus ini hukumnya semisal dengan seseorang yang meniatkan haji sekaligus berdagang. Hanya saja hal tersebut memengaruhi kadar pahala hajimu. Karena pada awalnya engkau meniatkan niatan lain, yang niatan lain ini terus ada selama engkau berihram untuk haji. Wa billahittaufik, wa shallallahu ‘ala nabiyina Muhammad wa aalihi wa shahbihi wa sallam.

[Al Lajnah Ad Daimah Lilbuhutsi Al ‘Ilmiyati wal Ifta’]

Sumber: Majalah Tashfiyah edisi 23 vol. 02/1434 H/2013, hal. 54.

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 19/11/2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: