Sakaratul Maut Menghapuskan Dosa?

Tanya: Apakah sakitnya sakaratulmaut akan meringankan dosa? Demikian pula sakit yang diderita oleh seseorang, apakah juga meringankan dosa? Kami butuh penjelasan.

Jawab:

Ya, seluruh musibah yang menimpa seseorang, baik sakit, kesulitan yang berat, gundah gulana, maupun duri yang menusuknya, semua itu akan menghapuskan dosa-dosanya.

Apabila si hamba bersabar dan mengharapkan pahala, bersamaan dengan penghapusan dosa itu dia akan mendapat pahala kesabaran menghadapi musibah tersebut. Tidak ada perbedaan dalam hal itu, antara yang terjadi saat akan meninggal dan sebelumnya.

Musibah-musibah itu adalah penghapus dosa-dosa bagi seorang mukmin. Firman Allah Subhanahu wa Ta’ala berikut ini menunjukkan akan hal tersebut.

“Apa saja musibah yang menimpa kalian maka hal itu disebabkan perbuatan tangan-tangan kalian dan Allah memaafkan banyak dari kesalahan kalian.” (asy-Syura: 30)

Apabila musibah terjadi karena ulah tangan-tangan kita, hal itu menunjukkan bahwa musibah tersebut menjadi penghapus kesalahan yang kita perbuat.

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam telah mengabarkan bahwa tidaklah seorang mukmin ditimpa oleh sebuah kesedihan, kegundahgulanaan, dan gangguan, sampai pun duri yang menusuknya, kecuali dengan sebab itu Allah Subhanahu wa Ta’ala menghapus dosanya. (hlm. 610)

Wallahu ta’ala a’lam bish-shawab.

Sumber: Majalah Asy Syariah no. 95/VIII/1431 H/2013, rubrik Fatawa Al-Mar’ah Al-Muslimah hal. 94-95.

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 25/11/2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: