Haruskah Menghapus Gambar Dalam Buku?

Sudah jadi pemandangan sehari-hari bagi para pelajar, dimana mereka mendapati banyak gambar makhluk bernyawa di dalam buku-buku pelajaran mereka. Jangankan buku pelajaran umum, dalam buku pelajaran yang berbau agama sekali pun tidak luput dari gambar-gambar seperti ini. Contoh jelas terdapat dalam kitab-kitab muhadatsah (percakapan) berbahasa Arab, dimana di dalamnya pasti disertakan gambar-gambar makhluk bernyawa yang berfungsi sebagai alat peraga untuk memudahkan pembacanya memahami muhadatsah yang dibawakan.

Nah, apakah orang yang membaca buku-buku bergambar seperti ini diharuskan untuk menghapus gambar-gambar bernyawa yang terdapat di dalamnya?

Berikut jawaban dari Asy-Syaikh Muhammad bin Saleh Al-Utsaimin rahimahullah ketika beliau ditanya dengan teks soal sebagai berikut:

Apakah seseorang diharuskan untuk menghapus gambar-gambar yang terdapat di dalam buku-buku? Dan apakah membuat garis melintang di antara bagian kepala dan tubuh gambar itu, itu sudah cukup untuk menghilangkan hukum haramnya?

Maka beliau menjawab:

Saya berpendapat: Dia tidak harus menghapusnya, karena menghapus semua gambar di dalam buku adalah perbuatan yang sangat menyusahkan dan merepotkan. Lagipula, yang menjadi tujuan dari buku-buku semacam ini adalah ilmu yang ada di dalamnya, bukan gambar-gambarnya.

Adapun membuat garis melintang di antara bagian kepala dan tubuh gambar, maka itu sama sekali tidak merubah apa-apa dari gambar itu.

[Majmu Fatawa Ibnu Utsaimin: 2/283]

Sumber: al-atsariyyah.com/

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 13/12/2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: