Kisah Karamah 4 Muhammad

Empat Muhammad bersama-sama dalam satu kesempatan menuntut ilmu di Mesir. Muhammad bin Jarir At Thabari, Muhammad bin Ishaq bin Khuzaimah, Muhammad bin Nashr Al Marwazi, dan Muhammad bin Harun Ar Ruyani. Mereka pun kehabisan bekal. Tidak tersisa sedikitpun yang bisa dimakan. Mereka pun tak kuasa menahan lapar. Pada suatu malam, akhirnya mereka berembuk di rumah tempat mereka menginap.

Mereka sepakat untuk mengundi. Siapa yang namanya keluar, dialah yang mencari makan. Muncullah nama Muhammad bin Khuzaimah dalam undian tersebut. Beliau pun berkata, “Beri aku waktu untuk berwudhu dan shalat istikharah.” Kemudian segera beliau shalat istikharah.

Saat-saat itulah, dalam redup sinar lilin yang menerangi mereka, tiba-tiba terdengar pintu diketuk. Seorang utusan dari penguasa Mesir datang. Setelah mereka membuka pintu, utusan itu pun turun dari tunggangannya.

Sang utusan bertanya, “Siapa di antara kalian yang bernama Muhammad bin Nashr?” “Ini dia,” sahut salah seorang dari mereka. Utusan itu pun mengeluarkan sekantong uang, berisi lima puluh dinar. Diserahkanlah kepada Muhammad bin Nashr.

Kemudian bertanya lagi, “Siapa di antara kalian yang bernama Muhammad bin Jarir?” Mereka menjawab, “Ini dia.” Demikian semuanya mendapat lima puluh dinar dari penguasa Mesir.

Setelah itu, utusan tersebut bercerita, “Kemarin, Amir tidur siang menjelang Zhuhur. Dalam tidurnya ia bermimpi. ‘Beberapa Muhammad melipat perut karena lapar. Berilah mereka kantong-kantong uang ini.” Sang Amir meminta kalian atas nama Allah, apabila uang ini habis, utuslah salah seorang dari kalian kepadanya. (Thabaqat Asy Syafi’iyah 2/251)

Sumber: Majalah Qudwah edisi 5 vol. 01/1434 H/2013, hal. 107.

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 08/01/2014, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: