Hukum Mengganggu Lebah dan Semut

Tanya: Apakah termasuk perbuatan dholim, seorang yang mengganggu lebah/tawon dengan melempari rumahnya dengan batu, atau memukulnya dengan kayu.

Dijawab oleh Ustadz Askari hafizhahulloh

Kenapa dia melempari?

Termasuk yang disebutkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dalam riwayat Abu Daud, yang tidak boleh dibunuh adalah lebah. Kenapa kamu mengganggunya? Kecuali kalau mengganggu aktivitas kita, kecuali kalau memudharatkan.

Misalnya dia berkumpul di dekat rumah, yang khawatir kalau lewat situ akan memudharatkan orang-orang yang ada di sekitarnya. Maka diganggu dengan tujuan agar dia pindah ke tempat yang lain, misalnya. Dan tidak diperbolehkan membunuhnya kecuali apabila ada alasan syar’i.

Sebagaimana halnya membunuh semut, asal hukumnya tidak diperbolehkan. Tapi kalau dia mengganggu, boleh. Tapi bunuh semut yang mengganggu saja. Jangan satu yang menggigit kamu, satu istana semut yang kamu habiskan.

Dalam riwayat Bukhari dan Muslim, Rasul shallallahu ‘alaihi wasallam menerangkan ada seorang nabi dari nabi-nabi Allah, singgah di bawah pohon. Digigit semut, satu ekor semut menggigitnya, lalu dia bakar semua sarang semut itu.

Ditegur oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Allah Subhanahu wa Ta’ala mewahyukan kepadanya: “Kenapa bukan satu ekor semut itu saja yang kamu bunuh?” (Hadits ini diriwayatkan Al Imam Bukhari dalam Shahihnya, Kitab Bad’il Khalqi, [jil. 6/hal. 356, no. 3219-3072], juga Imam Muslim dalam Shahihnya, Kitabus Salam, Bab Larangan membunuh semut [jil.4 /hal. 1759, no 2241])

Jangan satu yang salah, dianggap semuanya bersalah.

Jadi ma’asyaral ikhwah rahimakumullah, asalnya jangan diganggu kecuali apabila menimbulkan kemudharatan.

Wallahu ta’ala a’lamu bishawab.

Sumber: Tanyajawabringkas.blogspot.com

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 18/03/2014, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: