Bolehkah Mendoakan Orang Kafir dalam Masalah Dunia?

Pertanyaan: Assalamualaikum, apa hukum mendoakan orang yang non Islam dalam hal duniawi seperti semoga kamu sukses, semoga lulus ujian dan yang semisalnya?
(Dari: Zain)

Jawaban:

Wa alaikumus salam.

Mendoakan kebaikan kepada orang kafir dalam masalah dunia, semakna dengan memberikan kebaikan mereka dalam hal dunia, dan kita tidak dilarang untuk berbuat baik kepada orang kafir, selama dia bukan kafir harbi, yang memerangi kaum muslimin.

ﻟَﺎ ﻳَﻨْﻬَﺎﻛُﻢُ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻦِ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﻟَﻢْ ﻳُﻘَﺎﺗِﻠُﻮﻛُﻢْ ﻓِﻲ‎ ‎ﺍﻟﺪِّﻳﻦِ ﻭَﻟَﻢْ ﻳُﺨْﺮِﺟُﻮﻛُﻢْ ﻣِﻦْ ﺩِﻳَﺎﺭِﻛُﻢْ ﺃَﻥْ‏‎ ‎ﺗَﺒَﺮُّﻭﻫُﻢْ ﻭَﺗُﻘْﺴِﻄُﻮﺍ ﺇِﻟَﻴْﻬِﻢْ ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻳُﺤِﺐُّ‏‎ ‎ﺍﻟْﻤُﻘْﺴِﻄِﻴﻦ

Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang Berlaku adil. (QS. Al-Mumtahanah: 8)

Termasuk berbuat baik kepada orang kafir adalah mendoakan mereka agar mendapatkan hidayah dan masuk islam.

Dalam Fatawa Syabakah Islamiyah dinyatakan,

ﺃﻣﺎ ﺍﻟﺪﻋﺎﺀ ﻟﻠﻜﺎﻓﺮ ﺑﺎﻟﻬﺪﺍﻳﺔ، ﻭﺍﻟﺪﺧﻮﻝ ﻓﻲ‎ ‎ﺍﻹﺳﻼﻡ ﻓﻴﺠﻮﺯ.‏‎ ‎ﻭﺃﻣﺎ ﺍﻟﺪﻋﺎﺀ ﻟﻪ ﺑﻤﻨﺎﻓﻊ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ﻣﻦ ﻣﺎﻝ‎ ‎ﻭﻭﻟﺪ ﻭﺷﻔﺎﺀ ﻭﻧﺤﻮﻫﺎ ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ‎ ‎ﻣﺤﺎﺭﺑﺎً، ﻭﺇﻻ ﻓﻼ ﺑﺄﺱ ﺑﺎﻟﺪﻋﺎﺀ ﻟﻪ ﺑﺬﻟﻚ،‏‎ ‎ﺑﺪﻟﻴﻞ ﺟﻮﺍﺯ ﺗﻌﺰﻳﺘﻪ ﻓﻲ ﻣﺼﺎﺑﻪ ﺣﻴﺚ ﻛﺎﻥ‎ ‎ﺟﺎﺭﺍً ﺑﺎﻟﺪﻋﺎﺀ ﻟﻪ ﺑﺎﻹﺧﻼﻑ ﻋﻠﻴﻪ، ﻭﻧﺤﻮ‎ ‎ﺫﻟﻚ

Mendoakan orang kafir agar mendapatkan hidayah dan masuk Islam, hukumnya boleh. Sedangkan mendoakan orang kafir untuk mendapatkan manfaat dunia berupa harta, anak, kesembuhan, atau semacamnya, hukumnya tidak boleh jika dia kafir harbi. Namun jika bukan kafir harbi, tidak masalah mendoakan kebaikan untuk orang kafir dalam masalah dunia. Dengan dalil bolehnya menjenguk orang kafir ketika sedang mendapat musibah, misalnya karena statusnya tetangga, dengan mendoakan agar musibahnya diganti, atau semacamnya. (Fatawa Syabakah Islamiyah, no. 14165)

Allahu a’lam.

Dijawab oleh Ustadz Ammi Nur Baits (Dewan Pembina KonsultasiSyariah.com)

Sumber: http://www.konsultasisyariah.com/mendoakan-orang-kafir-untuk-kebaikan-dunia/

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 16/08/2014, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: