Hukum Membakar Al-Qur’an [Rincian]

Pernah dilontarkan satu pertanyaan kepada Syaikh Ibnu Abdul Aziz bin Baz rahimahullah, “Apa balasan bagi seorang yang pernah membakar al-Qur’anul Karim karena lupa dan tidak mengetahuinya kecuali setelah beberapa lama?”

Asy-Syaikh rahimahullah menjawab, “Tidak ada kewajiban apapun atas dia jika melakukan karena lupa, seperti dia membakarnya dalam keadaan tidak tahu itu adalah al-Qur’an. Dia juga tidak berdosa jika membakar potongan (lembaran) mushaf yang tidak dimanfaatkan lagi agar tidak terhinakan. Sebab, al-Qur’an yang tercecer, robek, dan tidak dimanfaatkan lagi, dibakar atau ditimbun di tempat yang baik hingga tidak dihinakan. Adapun jika membakar al-Qur’an karena ketidaksenangan, mencerca, dan membencinya, ini kemungkaran yang besar dan kemurtadan dari Islam.

Demikian pula kalau dia menduduki mushaf al-Qur’an, menginjaknya dengan kaki dalam rangka menghinakannya, melumurinya dengan najis, atau mencercanya dan mencerca orang yang berbicara dengannya, ini semua adalah kufur akbar dan kemurtadan dari Islam – kita berlindung kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala darinya.” (Fatawa Nur Ala Darb asy-Syaikh Ibn Baz)

Sumber: Majalah Asy-Syariah no. 99/IX/1435 H/2014, hal. 64 (dalam artikel “Meraih Kemuliaan dengan Al-Qur’an).

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 18/09/2014, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. misal, ada orang yang lebih mudah menghafal quran dengan menulisnya di kertas. setelah selesai menulis, daripada tulisan quran ga kepake kemudian membakar tulisan2 di kertas tersebut, berarti boleh? syukron

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: