Akikah Diganti dengan Membeli Daging, Bolehkah?

Oleh: Ust. Muhammad Abduh Tuasikal, MSc

Bolehkah akikah diganti dengan membeli daging saja di pasar, lalu dibagikan?

Yang perlu dipahami bahwa maksud akikah adalah menyembelih kambing, dua bagi anak laki-laki dan satu bagi anak perempuan. Akikah mesti dengan penyembelihan dengan maksud untuk akikah bukan maksud untuk konsumsi biasa. Sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut.

ﻋَﻦْ ﺳَﻠْﻤَﺎﻥَ ﺑْﻦِ ﻋَﺎﻣِﺮٍ ﺍﻟﻀَّﺒِّﻰِّ ﻗَﺎﻝَ ﻗَﺎﻝَ‏‎ ‎ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ -ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ- »‏‎ ‎ﻣَﻊَ ﺍﻟْﻐُﻼَﻡِ ﻋَﻘِﻴﻘَﺘُﻪُ ﻓَﺄَﻫْﺮِﻳﻘُﻮﺍ ﻋَﻨْﻪُ ﺩَﻣًﺎ‎ ‎ﻭَﺃَﻣِﻴﻄُﻮﺍ ﻋَﻨْﻪُ ﺍﻷَﺫَﻯ «

“Dari Salman bin ‘Amir Adh Dhabbi, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Pada (setiap) anak laki-laki (yang lahir) harus diakikahi, maka sembelihlah (akikah) untuknya dan hilangkan gangguan darinya.” (HR. Bukhari no. 5472)

Dalam hadits disebutkan keluarkanlah darahnya, maksudnya adalah sembelihlah.

Sehingga akikah dengan hanya sekedar membeli daging tidak dibenarkan. Yang benar haruslah hewan akikah itu disembelih, tidak hanya dengan sekedar membeli daging kambing di pasar lalu dibagikan pada orang lain.

Ulama yang duduk di Al Lajnah Ad Daimah lil Buhuts Al ‘Ilmiyyah wal Ifta’ Kerajaan Saudi Arabia pernah ditanya, “Bolehkah penyembelihan kambing akikah diganti dengan membeli beberapa kilo daging ataukah akikah harus dengan jalan menyembelih?”

Jawaban: Tidak boleh. Akikah harus dengan jalan menyembelih seekor kambing untuk anak perempuan dan dua ekor kambing untuk anak laki-laki.

(Fatwa Al Lajnah Ad Daimah lil Buhuts Al ‘Ilmiyyah wal Ifta’, pertanyaan kesepuluh no. 8052, 11/440. Yang menandatangani fatwa ini: Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz selaku ketua, Syaikh ‘Abdurrozaq ‘Afifi selaku wakil ketua, Syaikh ‘Abdullah bin Qu’ud selaku anggota)

Dengan tulisan sederhana ini, semoga bisa memahami maksud dari akikah. Hanya Allah yang memberi taufik, semoga bermanfaat.

Sumber: http://rumaysho.com/umum/akikah-diganti-dengan-membeli-daging-bolehkah-8821

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 09/10/2014, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: