Wanita Idaman Dinikahi Orang Lain, Bisakah Ia Menjadi Istrinya di Surga Kelak?

Pertanyaan:

ﺍﻟﺴﺆﺍﻝ: ﺃﻧﺎ ﻛﻨﺖ ﺃﻋﺮﻑ ﻓﺘﺎﺓ ﻭﺣﺎﻭﻟﺖ‎ ‎ﺍﻻﺭﺗﺒﺎﻁ ﺑﻬﺎ ﺩﻭﻧﻤﺎ ﻓﺎﺋﺪﺓ ، ﻭﻗﺪ ﻗﺎﻡ ﺃﻫﻠﻬﺎ‎ ‎ﺑﺘﺰﻭﻳﺠﻬﺎ ﻟﻐﻴﺮﻱ ﺭﻏﻤﺎً ﻋﻨﻬﺎ ، ﻓﺈﻥ ﺩﺧﻠﻨﺎ‎ ‎ﺍﻟﺠﻨﺔ ﺑﺈﺫﻧﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻓﻬﻞ ﺳﻴﺰﻭﺟﻬﺎ ﺍﻟﻠﻪ‎ ‎ﺑﺰﻭﺟﻬﺎ ﺍﻟﺬﻱ ﺃُﺭﻏﻤﺖ ﻋﻠﻴﻪ ، ﺃﻡ ﺑﺎﻟﺮﺟﻞ‎ ‎ﺍﻟﺘﻲ ﺗﺤﻠﻢ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺯﻭﺟﻬﺎ ؟

Saya mengenal seorang wanita dan saya berusaha membina hubungan dengannya tanpa faidah (tidak syar’i). Keluarganya menikahkannya dengan orang lain secara paksa. Jika kami (berdua) masuk surga dengan izin Allah Ta’ala, apakah Allah akan menikahkan ia (wanita tersebut) dengan suaminya yang ia dipaksa dinikahkan. Atau dengan laki-laki yang menjadi impiannya untuk menjadi suaminya?

Jawaban:

ﺍﻋﻠﻢ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺤﻞ ﻟﻠﻤﺴﻠﻢ ﻣﺤﺎﺩﺛﺔ ﺃﻭ‎ ‎ﻣﺮﺍﺳﻠﺔ ﺍﻣﺮﺃﺓ ﺃﺟﻨﺒﻴﺔ ﻋﻨﻪ ، ﻭﻣﻦ ﺑﺎﺏ‎ ‎ﺃﻭﻟﻰ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﻟﻪ ﺃﻛﺜﺮ ﻣﻦ ﺫﻟﻚ ،‏‎ ‎ﻛﺎﻟﻠﻘﺎﺀ ﻭﺍﻟﺨﻠﻮﺓ ﺑﻬﺎ … ، ﻭﻫﺬﺍ ﺍﻟﺒﺎﺏ ، ﺑﺎﺏ‎ ‎ﺍﻟﺘﻌﺎﺭﻑ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﺠﻨﺴﻴﻦ : ﺑﺎﺏ ﻓﺘﻨﺔ ﻭﺷﺮ ،‏‎ ‎ﻭﺍﺗﺒﺎﻉ ﻟﺨﻄﻮﺍﺕ ﺍﻟﺸﻴﻄﺎﻥ ، ﺣﺘﻰ ﻳﻮﻗﻊ‎ ‎ﺃﺻﺤﺎﺑﻬﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﻨﻜﺮ ﺍﻟﻌﻈﻴﻢ ﻭﺍﻹﺛﻢ‎ ‎ﺍﻟﻜﺒﻴﺮ ، ﻭﺍﻟﻌﻴﺎﺫ ﺑﺎﻟﻠﻪ .

Perlu diketahui bahwa tidak halal bagi seorang muslim berbincang-bincang (yang bisa menimbulkan fitnah) dan bersurat-suratan dengan wanita yang ajnabiyah (bukan mahram). Dan tidak boleh lagi jika lebih dari itu seperti bertemu dan berdua-duaan (khalwat). Saling ta’aruf antara dua jenis yang berbeda (tanpa ada kepentingan ingin menikah, pent) merupakan pinta fitnah dan keburukan, mengikuti langkah setan hingga menjerumuskan pelakunya ke dalam kemungkaran dan dosa yang besar. Wal’iyadzu billah.

ﺇﺫﺍ ﺛﺒﺖ ﻋﻘﺪ ﺯﻭﺍﺝ ﺑﺸﺮﻉ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ‎ ‎ﺍﻟﻤﻄﻬَّﺮ ، ﻭﻛﺎﻥ ﺍﻟﺰﻭﺝ ﻫﻮ ﺁﺧﺮ ﺃﺯﻭﺍﺝ‎ ‎ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﻓﻴﻜﻮﻥ ﺯﻭﺟﻬﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﻨﺔ ،‏‎ ‎ﻓﺎﻟﺼﺤﻴﺢ ﻓﻲ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻤﺴﺄﻟﺔ ﺃﻥ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ‎ ‎ﻵﺧﺮ ﺃﺯﻭﺍﺟﻬﺎ ، ﻻ ﻷﺣﺴﻨﻬﻢ ﺧﻠُﻘﺎً ﻭﻻ ﺃﻧﻬﺎ‎ ‎ﺗُﺨﻴَّﺮ ﺑﻴﻨﻬﻢ ، ﻭﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻟﻬﺎ ﺯﻭﺝ ﻭﺍﺣﺪ ﻟﻴﺲ‎ ‎ﺛﻤﺔ ﻏﻴﺮﻩ ﺣﺘﻰ ﺗﻮﻓﻴﺖ ، ﺃﻭ ﺗﻮﻓﻲ ﻫﻮ‎ ‎ﻭﻟﻢ ﺗﺘﺰﻭﺝ ﺑﻌﺪﻩ : ﻓﺎﻷﻣﺮ ﻓﻲ ﺫﻟﻚ ﻭﺍﺿﺢ‎ ‎ﺑﻴِّﻦ ؛ ﺃﻧﻪ ﻳﻜﻮﻥ ﺯﻭﺟَﻬﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ‎ ‎ﺍﻟﺰﻭﺟﺎﻥ ﻣﻦ ﺃﺻﺤﺎﺑﻬﺎ

Jika telah terjadi akad pernikahan dengan syariat Allah Ta’ala yang suci. Suami adalah suami yang terakhir seorang wanita, maka dialah yang menjadi suaminya di surga. Yang shahih dalam masalah ini bahwa wanita adalah untuk suami terakhirnya, bukan karena alasan fisik yang paling bagus akan tetapi karena ia adalah suami yang paling terakhir.

Jika ia (wanita tersebut) hanya mempunyai satu suami tidak ada yang lain sampai ia meninggal atau suaminya meninggal dan ia tidak menikah lagi. Maka perkaranya jelas dan gamblang yaitu ialah suaminya di surga, jika sepasang suami –istri tersebut merupakan penghuni surga.

ﻟﻨﺼﻴﺤﺔ ﻟﻚ :
.1 ﺃﻥ ﺗﺒﺘﻌﺪ ﻋﻦ ﺣﻴﺎﺓ ﺗﻠﻚ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ؛ ﺣﺘﻰ‎ ‎ﻻ ﺗﻜﻮﻥ ﺳﺒﺒﺎ ﻓﻲ ﻓﺴﺎﺩ ، ﺃﻭ ﺗﻬﺪﻡ ﺑﻴﺘﻬﺎ‎ ‎ﻭﺗﺸﺘﺖ ﺃﺳﺮﺗﻬﺎ ﻭﻓِﻜﺮﻫﺎ .
.2 ﺃﻥ ﺗﻘﻄﻊ ﺍﻟﺘﻔﻜﻴﺮ ﻓﻴﻬﺎ ؛ ﺣﺘﻰ ﻻ ﺗﻌﺬِّﺏ‎ ‎ﻧﻔﺴﻚ ﺑﻤﺎ ﻃﺎﺋﻞ ﻭﺭﺍﺀﻩ ، ﻭﺣﺘﻰ ﻻ ﺗﺴﺒِّﺐ‎ ‎ﻟﻨﻔﺴﻚ ﺃﻣﺮﺍﺿﺎً ﻛﺎﻻﻛﺘﺌﺎﺏ ﻭﺍﻟﻘﻠﻖ ﻣﻤﺎ ﻗﺪ‎ ‎ﻳﺴﺒِّﺐ ﻟﻚ ﺃﻣﺮﺍﺿﺎً ﻋﻀﻮﻳﺔ .
.3 ﺃﻥ ﺗﺴﻴﺮ ﻓﻲ ﺣﻴﺎﺗﻚ ﻓﺘﺒﺤﺚ ﻋﻦ ﺯﻭﺟﺔ‎ ‎ﺻﺎﻟﺤﺔ ﺗﺤﻔﻆ ﻋﻠﻴﻚ ﻧﻔﺴﻚ ﻭﺩﻳﻨﻚ ،‏‎ ‎ﻭﺗﺴﺘﺜﻤﺮ ﺣﻴﺎﺗﻚ ﻓﻲ ﺍﻟﻨﺎﻓﻊ ﺍﻟﻤﻔﻴﺪ ،‏‎ ‎ﻓﺘﻜﻮِّﻥ ﺃﺳﺮﺓ ﺻﺎﻟﺤﺔ ﻭﺗﺮﺑِّﻲ ﺫﺭﻳﺔ ﻃﻴﺒﺔ ،‏‎ ‎ﻓﻬﻮ ﺧﻴﺮ ﻟﺪﻳﻨﻚ ﻭﺩﻧﻴﺎﻙ ﻣﻦ ﺃﻥ ﺗﻌﻴﺶ‎ ‎ﺁﻣﺎﻻً ﻓﺘﺴﺒﺐ ﻟﻨﻔﺴﻚ ﺑﻬﺎ ﺁﻻﻣﺎً .
.4 ﻭﺍﻋﻠﻢ ﺃﻥ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻟﻴﺴﺖ ﻣﻠﺘﻘﻰ‎ ‎ﻟﻠﻌﺸَّﺎﻕ ! ﻭﻫﺬﻩ ﺍﻟﻌﻼﻗﺔ ﺍﻟﻤﺤﺮَّﻣﺔ ﺍﻟﺘﻲ‎ ‎ﻛﺎﻧﺖ ﺑﻴﻨﻚ ﻭﺑﻴﻦ ﺗﻠﻚ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﻟﻦ ﻳﻜﻮﻥ ﻟﻬﺎ‎ ‎ﻭﺟﻮﺩ ﻓﻲ ﺟﻨﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ، ﻭﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﻗﺪ‎ ‎ﻣﻀﺖ ﻟﺤﺎﻝ ﺳﺒﻴﻠﻬﺎ ، ﻭﺗﺰﻭﺟﺖ ﺯﻭﺍﺟﺎ‎ ‎ﺷﺮﻋﻴﺎ ، ﻓﻼ ﺗﺠﻌﻞ ﻧﻔﺴﻚ ﻣﺼﻠﺤﺎ‎ ‎ﺍﺟﺘﻤﺎﻋﻴﺎ ، ﺗﺒﺤﺚ ﻋﻤﻦ ﺃﺟﺒﺮﻫﺎ ﺃﻫﻠﻬﺎ ، ﺃﻭ‎ ‎ﻣﻦ ﻻ ﺗﺮﻏﺐ ﻓﻲ ﺯﻭﺟﻬﺎ ؛ ﻓﺎﻓﻌﻞ ﻓﻌﻠﻬﺎ ،‏‎ ‎ﻭﺗﺰﻭﺝ ﺃﻧﺖ ﺍﻵﺧﺮ ﺯﻭﺍﺟﺎ ﺷﺮﻋﻴﺎ ، ﻭﺍﻟﺘﻔﺖ‎ ‎ﻟﻨﻔﺴﻚ ﺃﻥ ﻳﻀﻴﻊ ﻋﻤﺮﻙ ﻓﻴﻤﺎ ﻳﻀﺮﻙ ﺩﻧﻴﺎ‎ ‎ﻭﺃﺧﺮﻯ ، ﻭﻋﺴﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﻥ ﻳﺒﺪﻟﻚ ﺧﻴﺮﺍ‎ ‎ﻣﻨﻬﺎ .

Nasehat bagimu:

1. Engkau menjauhi kehidupan wanita tersebut, jangan sampai engkau menjadi sebab kerusakan, merusak rumah tangganya dan menggangu keluarga dan pikirannya.

2. Engkau berhenti memikirkannya, jangan engkau siksa dirimu sehingga bisa menyebabkan engkau tertimpa penyakit seperti depresi dan cemas yang bisa menimbulkan penyakit badan.

3. Jalanilah hidupmu, engkau cari istri shalihah yang bisa menjaga dirimu dan agamamu, bisa membuahkan kehidupan yang berguna dan bermanfaat. Engkau bentuk kelurga yang shalih, mendidik keturunan yang baik. Hal tersebut baik bagi agama dan duniamu daripada engkau hidup dengan angan-angan (terhadap wanita tersebut) yang bisa menimbulkan rasa pedih.

4. Ketahuilah bahwa surga bukanlah tempat bertemu orang yang sedang dimabuk cinta. Dan ini adalah bentuk hubungan yang diharamkan antara engkau dan wanita tersebut. Tidak akan terjadi di surga Allah Ta’ala. Wanita tersebut telah mengambil jalannya, telah menikah dengan suami yang sah secara syariat. Janganlah engkau mencari-cari cara, mencari orang yang bisa memaksa keluarganya. Atau wanita yang tidak suka terhadap suaminya (mencari cara agar ia cerai dengan suaminya, pent). Kemudian engkau nikahi ia sebagai suami yang terakhir secara syariat. Tengoklah dirimu yang menyia-nyiakan umurmu dengan apa yang membahayakan dunia dan akhiratmu.

Semoga Allah menggantikan bagi engkau wanita yang lebih baik darinya.

Sumber: http://islamqa.info/ar/ref/160965 (situs Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid hafidzahullah)

Penyusun: dr. Raehanul Bahraen

Sumber: http://muslimafiyah.com/wanita-idaman-dinikahi-orang-lain-bisakah-ia-menjadi-istrinya-di-surga-kelak.html

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 25/01/2015, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: