Penjelasan Ulama tentang Cara Meruqyah

Makna Ruqyah

Asy-Syaikhul ‘Allamah Shalih bin Fauzan bin Abdullah Al-Fauzan hafizhahullah berkata,

ﻭﺍﻟﺮُّﻗْﻴَﺔ: ﺍﻟﻘﺮﺍﺀﺓ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺮﻳﺾ

“Ruqyah adalah bacaan untuk mengobati orang yang sakit.” [I’aanatul Mustafid, 1/150]

Beberapa Hadits tentang Cara Meruqyah

Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu’anha berkata,

ﺃَﻥَّ ﺍﻟﻨَّﺒِﻰَّ -ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ- ﻛَﺎﻥَ ﺇِﺫَﺍ‎ ‎ﺍﺷْﺘَﻜَﻰ ﻳَﻘْﺮَﺃُ ﻋَﻠَﻰ ﻧَﻔْﺴِﻪِ ﺑِﺎﻟْﻤُﻌَﻮِّﺫَﺍﺕِ‏‎ ‎ﻭَﻳَﻨْﻔُﺚُ ﻓَﻠَﻤَّﺎ ﺍﺷْﺘَﺪَّ ﻭَﺟَﻌُﻪُ ﻛُﻨْﺖُ ﺃَﻗْﺮَﺃُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ‏‎ ‎ﻭَﺃَﻣْﺴَﺢُ ﻋَﻨْﻪُ ﺑِﻴَﺪِﻩِ ﺭَﺟَﺎﺀَ ﺑَﺮَﻛَﺘِﻬَﺎ

“Bahwa Nabi shallallahu’alaihi wa sallam apabila sakit, beliau membacakan untuk dirinya al-mu’awwidzaat (bacaan-bacaan untuk memohon perlindungan kepada Allah) dan meniup dengan sedikit ludah, maka tatkala sakitnya semakin keras akulah yang membacakan untuk beliau dan aku mengusap diri beliau dengan tangan beliau sendiri karena mengharap (kepada Allah) adanya keberkahan tangan beliau.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu’anha juga berkata berkata,

ﺃَﻥَّ ﺭَﺳُﻮﻝَ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ‏‎ ‎ﻛَﺎﻥَ ﺇِﺫَﺍ ﺍﺷْﺘَﻜَﻰ ﺍﻟْﺈِﻧْﺴَﺎﻥُ ﺍﻟﺸَّﻲْﺀَ ﻣِﻨْﻪُ، ﺃَﻭْ‏‎ ‎ﻛَﺎﻧَﺖْ ﺑِﻪِ ﻗَﺮْﺣَﺔٌ ﺃَﻭْ ﺟُﺮْﺡٌ، ﻗَﺎﻝَ: ﺍﻟﻨَّﺒِﻲُّ ﺻَﻠَّﻰ‎ ‎ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺑِﺈِﺻْﺒَﻌِﻪِ ﻫَﻜَﺬَﺍ، ﻭَﻭَﺿَﻊَ‏‎ ‎ﺳُﻔْﻴَﺎﻥُ ﺳَﺒَّﺎﺑَﺘَﻪُ ﺑِﺎﻟْﺄَﺭْﺽِ، ﺛُﻢَّ ﺭَﻓَﻌَﻬَﺎ ﺑِﺴْﻢِ‏‎ ‎ﺍﻟﻠﻪِ، ﺗُﺮْﺑَﺔُ ﺃَﺭْﺿِﻨَﺎ، ﺑِﺮِﻳﻘَﺔِ ﺑَﻌْﻀِﻨَﺎ، ﻟِﻴُﺸْﻔَﻰ‎ ‎ﺑِﻪِ ﺳَﻘِﻴﻤُﻨَﺎ، ﺑِﺈِﺫْﻥِ ﺭَﺑِّﻨَﺎ

“Bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam apabila seseorang merasakan suatu penyakit, bisul atau luka, maka beliau shallallahu’alaihi wa sallam menggunakan jarinya seperti ini –Sufyan (rawi hadits) meletakkan jari telunjuknya ke bumi- kemudian beliau mengangkatnya seraya membaca:

ﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠﻪِ، ﺗُﺮْﺑَﺔُ ﺃَﺭْﺿِﻨَﺎ، ﺑِﺮِﻳﻘَﺔِ ﺑَﻌْﻀِﻨَﺎ،‏‎ ‎ﻟِﻴُﺸْﻔَﻰ ﺑِﻪِ ﺳَﻘِﻴﻤُﻨَﺎ، ﺑِﺈِﺫْﻥِ ﺭَﺑِّﻨَﺎ

“Bismillaahi turbatu ardhina, bi riyqoti ba’dhina, liyusyfaa bihi saqiimuna, biidzni Robbinaa.”

Dengan nama Allah, bahwa tanah bumi kami disertai ludah sebagian kami, agar sembuh dengan sebab itu orang sakit kami, dengan izin Rabb kami.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim, dan ini lafaz Muslim)

An-Nawawi rahimahullah berkata,

ﻭَﻣَﻌْﻨَﻰ ﺍﻟْﺤَﺪِﻳﺚِ ﺃَﻧَّﻪُ ﻳَﺄْﺧُﺬُ ﻣِﻦْ ﺭِﻳﻖِ ﻧَﻔْﺴِﻪِ‏‎ ‎ﻋَﻠَﻰ ﺃُﺻْﺒُﻌِﻪِ ﺍﻟﺴَّﺒَّﺎﺑَﺔِ ﺛُﻢَّ ﻳَﻀَﻌُﻬَﺎ ﻋَﻠَﻰ‎ ‎ﺍﻟﺘُّﺮَﺍﺏِ ﻓَﻴَﻌْﻠَﻖُ ﺑِﻬَﺎ ﻣِﻨْﻪُ ﺷَﻲْﺀٌ ﻓَﻴَﻤْﺴَﺢُ ﺑِﻪِ‏‎ ‎ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻤَﻮْﺿِﻊِ ﺍﻟْﺠَﺮِﻳﺢِ ﺃَﻭِ ﺍﻟْﻌَﻠِﻴﻞِ ﻭَﻳَﻘُﻮﻝُ‏‎ ‎ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟْﻜَﻠَﺎﻡَ ﻓِﻲ ﺣَﺎﻝِ ﺍﻟْﻤَﺴْﺢِ ﻭَﺍﻟﻠَّﻪُ ﺃَﻋْﻠَﻢُ

“Makna hadits: Beliau membasahi jari telunjuknya dengan ludah beliau sendiri, kemudian meletakkan jarinya di atas tanah sehingga menempel sedikit debu tanah tersebut, lalu beliau mengusap bagian tubuh orang yang terluka atau sakit dan membaca doa ini ketika mengusapnya, wallaahu a’lam.” [Syarhu Muslim, 14/184]

Dari sahabat yang mulia Tsabit bin Qois bin Syammaas radhiyallahu’anhu, dari Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam,

ﺃَﻧَّﻪُ ﺩَﺧَﻞَ ﻋَﻠَﻰ ﺛَﺎﺑِﺖِ ﺑْﻦِ ﻗَﻴْﺲٍ – ﻗَﺎﻝَ:‏‎ ‎ﺃَﺣْﻤَﺪُ ﻭَﻫُﻮَ ﻣَﺮِﻳﺾٌ – ﻓَﻘَﺎﻝَ: »ﺍﻛْﺸِﻒِ‏‎ ‎ﺍﻟْﺒَﺄْﺱَ ﺭَﺏَّ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﻋَﻦْ ﺛَﺎﺑِﺖِ ﺑْﻦِ ﻗَﻴْﺲِ ﺑْﻦِ‏‎ ‎ﺷَﻤَّﺎﺱٍ « ﺛُﻢَّ ﺃَﺧَﺬَ ﺗُﺮَﺍﺑًﺎ ﻣِﻦْ ﺑَﻄْﺤَﺎﻥَ‏‎ ‎ﻓَﺠَﻌَﻠَﻪُ ﻓِﻲ ﻗَﺪَﺡٍ ﺛُﻢَّ ﻧَﻔَﺚَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺑِﻤَﺎﺀٍ‏‎ ‎ﻭَﺻَﺒَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ

“Bahwa beliau menjenguk Tsabit bin Qois –Ahmad berkata: Ketika itu Tsabit bin Qois dalam keadaan sakit- maka beliau bersabda (membaca),

ﺍﻛْﺸِﻒِ ﺍﻟْﺒَﺄْﺱَ ﺭَﺏَّ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﻋَﻦْ ﺛَﺎﺑِﺖِ ﺑْﻦِ‏‎ ‎ﻗَﻴْﺲِ ﺑْﻦِ ﺷَﻤَّﺎﺱٍ

“Iksyifil ba’sa Robban naasi ‘an Tsabit bin Qois bin Syammaas.”

“Hilangkanlah penyakit wahai Rabb manusia dari Tsabit bin Qois bin Syammaas.” Kemudian beliau mengambil tanah dari Bathhaan (satu lembah di Madinah), meletakkannya dalam bejana, lalu beliau meniupnya dengan air dan menyiramkannya kepada Tsabit.” (HR. Abu Daud, lihat Fathul Baari, 10/208 dan Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah, 1/88 no. 16951)

Asy-Syaikh Ibnu Baz rahimahullah berkata,

ﻭﻗﺪ ﺛﺒﺖ ﻋﻨﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺃﻧﻪ‎ ‎ﺭﻗﻰ ﻟﺜﺎﺑﺖ ﺑﻦ ﻗﻴﺲ ﺑﻦ ﺷﻤﺎﺱ ﻓﻲ‎ ‎ﻣﺎﺀ ﺛﻢ ﺻﺒﻪ ﻋﻠﻴﻪ

“Telah tsabit (diriwayatkan dengan sanad yang jayyid) dari Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bahwa beliau meruqyah Tsabit bin Qois bin Syammaas di air dan menyiramkan air tersebut kepadanya.” [Fatawa Nur ‘alad Darbi, 1/329]

Mengajari Tauhid dan Cara Meruqyah Diri Sendiri kepada Orang yang Sakit

Inilah tugas penting seorang yang meruqyah, yaitu mengajari kaum muslimin untuk bertawakkal kepada Allah ta’ala dan memurnikan seluruh ibadah hanya kepada-Nya serta memperingatkan bahaya kesyirikan, kebid’ahan dan kemaksiatan, kemudian mengajarinya doa-doa untuk meruqyah dirinya sendiri, tidak boleh meminta ruqyah kepada orang lain, karena hal itu dapat mengurangi kesempurnaan tauhid atau bahkan menghilangkan tauhid sama sekali.

Sahabat yang mulia Utsman bin Abil ‘Ash Ats-Tsaqofi radhiyallahu’anhu berkata,

ﺃَﻧَّﻪُ ﺷَﻜَﺎ ﺇِﻟَﻰ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠَّﻪِ -ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ‎ ‎ﻭﺳﻠﻢ- ﻭَﺟَﻌًﺎ ﻳَﺠِﺪُﻩُ ﻓِﻰ ﺟَﺴَﺪِﻩِ ﻣُﻨْﺬُ‏‎ ‎ﺃَﺳْﻠَﻢَ. ﻓَﻘَﺎﻝَ ﻟَﻪُ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ -ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ‎ ‎ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ- ﺿَﻊْ ﻳَﺪَﻙَ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟَّﺬِﻯ ﺗَﺄَﻟَّﻢَ‏‎ ‎ﻣِﻦْ ﺟَﺴَﺪِﻙَ ﻭَﻗُﻞْ ﺑِﺎﺳْﻢِ ﺍﻟﻠَّﻪِ. ﺛَﻼَﺛًﺎ. ﻭَﻗُﻞْ‏‎ ‎ﺳَﺒْﻊَ ﻣَﺮَّﺍﺕٍ ﺃَﻋُﻮﺫُ ﺑِﺎﻟﻠَّﻪِ ﻭَﻗُﺪْﺭَﺗِﻪِ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّ ﻣَﺎ‎ ‎ﺃَﺟِﺪُ ﻭَﺃُﺣَﺎﺫِﺭُ

“Bahwa beliau pernah mengadu kepada Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam tentang rasa sakit di badannya sejak masuk Islam, maka Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda kepadanya: Letakkan tanganmu di bagian tubuhmu yang sakit dan bacalah:

ﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠَّﻪِ

“Bismillaah” (Dengan nama Allah) tiga kali.

Lalu baca sebanyak tujuh kali:

ﺃَﻋُﻮﺫُ ﺑِﺎﻟﻠَّﻪِ ﻭَﻗُﺪْﺭَﺗِﻪِ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّ ﻣَﺎ ﺃَﺟِﺪُ‏‎ ‎ﻭَﺃُﺣَﺎﺫِﺭُ

“A’uudzu billaahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru” (Aku berlindung kepada Allah dan kemampuan-Nya dari kejelekan yang aku dapati dan aku khawatirkan).” (HR. Muslim)

Penjelasan Ulama tentang Cara Meruqyah

Disebutkan dalam fatwa Al-Lajnah Ad-Daimah,

ﻭﻫﻲ ﺗﻜﻮﻥ ﺑﺎﻟﻘﺮﺍﺀﺓ ﻭﺍﻟﻨﻔﺚ ﻋﻠﻰ‎ ‎ﺍﻟﻤﺮﻳﺾ، ﺳﻮﺍﺀ ﻛﺎﻥ ﻳﺮﻗﻲ ﻧﻔﺴﻪ ﺃﻭ‎ ‎ﻳﺮﻗﻴﻪ ﻏﻴﺮﻩ، ﻭﻣﻨﻬﺎ ﻗﺮﺍﺀﺓ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻓﻲ‎ ‎ﺍﻟﻤﺎﺀ ﻟﻠﻤﺮﻳﺾ ﻭﺷﺮﺑﻪ ﺇﻳﺎﻩ

“Cara meruqyah adalah dengan membaca dan meniup kepada orang yang sakit, sama saja ketika ia meruqyah dirinya atau meruqyah orang lain, dan diantara caranya adalah membaca Al-Qur’an di air untuk orang sakit dan meminumkan air tersebut kepadanya.” [Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah, 1/88 no. 16951]

Asy-Syaikh Ibnu Baz rahimahullah berkata,

ﻓﺎﻟﺮﻗﻴﺔ ﺗﻜﻮﻥ ﺑﺎﻟﻘﺮﺁﻥ، ﻭﺑﺎﻟﺪﻋﻮﺍﺕ‎ ‎ﺍﻟﻄﻴﺒﺔ ﻋﻠﻰ ﻣﺤﻞ ﺍﻷﻟﻢ، ﻳﻨﻔﺚ ﻋﻠﻰ‎ ‎ﻣﺤﻞ ﺍﻷﻟﻢ: ﻓﻲ ﺻﺪﺭﻩ، ﺃﻭ ﺭﺃﺳﻪ، ﺃﻭ‎ ‎ﻳﺪﻩ، ﺃﻭ ﺭﺟﻠﻪ

“Ruqyah dilakukan dengan membacakan Al-Qur’an dan doa-doa yang baik terhadap bagian tubuh yang sakit, seraya meniup bagian yang sakit tersebut, apakah di dadanya, kepalanya, tangannya atau kakinya.” [Fatawa Nur ‘alad Darb, 1/325]

Beliau rahimahullah juga berkata,

ﺍﻟﺮﻗﻴﺔ ﺗﻜﻮﻥ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺮﻳﺾ ﺑﺎﻟﻨﻔﺚ ﻋﻠﻴﻪ،‏‎ ‎ﻭﺗﻜﻮﻥ ﻓﻲ ﻣﺎﺀ ﻳﺸﺮﺑﻪ ﺍﻟﻤﺮﻳﺾ ﺃﻭ‎ ‎ﻳﺘﺮﻭﺵ ﺑﻪ

“Meruqyah orang yang sakit adalah dengan meniupnya (setelah membaca), dan boleh juga dengan membaca pada air dan si sakit meminumnya atau mandi dengannya.” [Fatawa Nur ‘alad Darb, 1/329]

Beliau rahimahullah juga berkata,

ﻭﻻ ﺣﺮﺝ ﻓﻲ ﺍﻟﻘﺮﺍﺀﺓ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﺎﺀ ﻭﺍﻟﺰﻳﺖ‎ ‎ﻓﻲ ﻋﻼﺝ ﺍﻟﻤﺮﻳﺾ ﻭﺍﻟﻤﺴﺤﻮﺭ‎ ‎ﻭﺍﻟﻤﺠﻨﻮﻥ، ﻭﻟﻜﻦ ﺍﻟﻘﺮﺍﺀﺓ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺮﻳﺾ‎ ‎ﺑﺎﻟﻨﻔﺚ ﻋﻠﻴﻪ ﺃﻭﻟﻰ ﻭﺃﻓﻀﻞ ﻭﺃﻛﻤﻞ

“Tidak mengapa membacakan ruqyah di air dan minyak untuk mengobati orang yang sakit, yang kena sihir atau yang gila, akan tetapi membacakan langsung disertai tiupan kepada orang sakit tersebut lebih utama, lebih afdhal dan lebih sempurna.” [Majmu’ Al-Fatawa, 19/339]

Asy-Syaikh Mubarok bin Muhammad Al-Mili Al-Jazaairi rahimahullah berkata,

ﻭﺻﻔﺔ ﺍﻟﺮﻗﻴﺔ ﺃﻥ ﻳﻘﺮﺃ ﺍﻟﻘﺎﺭﺉ ﻋﻠﻰ ﻣﺤﻞ‎ ‎ﺍﻷﻟﻢ ﺃﻭ ﻋﻠﻰ ﻳﺪﻳﻪ ﻟﻠﻤﺴﺢ ﺑﻬﻤﺎ، ﺃﻭ ﻓﻲ‎ ‎ﻣﺎﺀ ﻭﻧﺤﻮﻩ، ﻭﻳﻨﻔﺚ ﺃﺛﺮ ﺍﻟﻘﺮﺍﺀﺓ ﻧﻔﺜﺎً ﺧﺎﻟﻴﺎً‏‎ ‎ﻣﻦ ﺍﻟﺒﺰﺍﻕ، ﻭﺇﻧﻤﺎ ﻫﻮ ﻧﻔﺲ ﻣﻌﻪ ﺑﻠﻞ‎ ‎ﻣﻦ ﺍﻟﺮﻳﻖ

“Sifat ruqyah adalah seseorang membacakan ruqyah atas bagian tubuh yang sakit atau atas kedua tangannya untuk kemudian mengusapkannya ke tubuh yang sakit, atau membaca di air dan yang semisalnya, dan setelah membaca langsung meniup ke tubuh yang sakit tanpa meludah, yang keluar hanyalah udara disertai sedikit ludah.” [Risalatusy Syirki wa Mazhohiruhu, hal. 248]

ﻭﺑﺎﻟﻠﻪ ﺍﻟﺘﻮﻓﻴﻖ ﻭﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﻧﺒﻴﻨﺎ‎ ‎ﻣﺤﻤﺪ ﻭﺁﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﺳﻠﻢ

Sumber: http://sofyanruray.info/penjelasan-ulama-tentang-cara-meruqyah/

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 30/04/2015, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: