Apakah Umat Islam di Semua Tempat Merayakan Maulid?

Soal: Semoga Allah mencurahkan kebaikan kepada Anda, wahai fadhilatusy Syaikh. Seorang penanya bertanya: Saya membaca di buku “Buhuts wa Fataawaa Fiqhiyyah Mu’ashiroh” (Pembahasan dan Fatwa-fatwa Fiqh Kontemporer) karya Ahmad Al Hujjiy Al Kardiy, di sana terdapat kalimat: “Ummat Islam di semua tempat merayakan Maulid Nabi Shallallahu ‘alaih wa sallam, maka kita pun merayakannya di bulan yang mulia ini.”

Pertanyaannya: Apa tanggapan Anda terhadap kalimat ini? Dan perlu diketahui bahwa buku tersebut tersebar luas dan diperjualbelikan di toko-toko buku.

Jawab:

Kalimat ini adalah kesalahan dan kesesatan.

Ucapannya: “Ummat Islam di semua tempat merayakan Maulid”, ini adalah kedustaan terhadap dunia Islam, sebab tidak semuanya merayakannya. Yang merayakannya hanyalah para pelaku kebid’ahan saja, adapun ahlussunnah tidak merayakannya, karena itu adalah bid’ah.

Maka ucapannya: “Ummat Islam di semua tempat merayakan Maulid”, ini adalah kedustaan darinya, dengan meratakan semuanya ini tidaklah boleh. Karena perayaan maulid nabi adalah perkara bid’ah, tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah, beliau tidak pula memerintahkannya, dan tidak juga dilakukan oleh para shahabatnya dan para generasi terbaik. Yang merayakannya hanyalah para pelaku bid’ah yang datang setelah generasi terbaik tersebut. Dan ahlussunnah serta para Ulama senantiasa mengingatkan dari bid’ah ini. Dan Alhamdulillah dunia Islam tidaklah sepakat untuk melakukan perkara bid’ah ini, hanya dari kalangan pelaku bid’ah saja yang merayakannya.

Jikalau dikatakan dengan kalimat: “Sebagian manusia merayakannya” atau “Sebagian ummat Islam merayakannya”, maka ini ada sisi benarnya, karena memang dirayakan oleh orang-orang yang menyandarkan dirinya kepada Islam. Akan tetapi jika dikatakan dengan kalimat yang bermakna keseluruhannya: “Ummat Islam di semua tempat merayakan Maulid”, maka ini adalah kedustaan dan kebatilan.

Sumber: http://www.alfawzan.af.org.sa/node/3749

Sumber: http://alfawzan.net/fatwa/apakah-umat-islam-di-semua-tempat-merayakan-maulid

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 08/06/2015, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: