Surat Anda

Silakan tulis komentar anda berupa saran, kritik atau info bermanfaat lainnya di halaman ini. Kami mohon maaf, sebagian komentar mungkin tidak akan ditampilkan atas beberapa pertimbangan, mohon kemaklumannya. Jazakallahu khairan katsiran.

  1. Assalamu’alaiykum. Afwan Ustadz, ana ingin tanya :
    Jika dihati sering muncul ucapan kemaksiatan bahkan kekafiran kepada Allah, namun diingkari dan berusaha untuk melawannya serta beristighfar. Apakah dia mendapat dosa?

    • Wa’alaikumussalam warahmatullah, tidak berdosa selama belum terucap di lisan. Itu hanya sekedar was-was. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

      إِنَّ اللَّهَ تَجَاوَزَ لِأُمَّتِي عَمَّا حَدَّثَتْ بِهِ أَنْفُسَهَا مَا لَمْ تَعْمَلْ بِهِ أَوْ تَكَلَّمْ

      “Sesungguhnya Allah memaafkan apa yang terbetik dalam hati seorang hamba dari umatku selama belum ia amalkan atau diucapkan.”

      (HR. Ahmad, Bukhariy, Muslim, Ibnu Maajah, Nasaa-iy; dan lain-lain)

  2. asalamualaikum wr wb saya mau tanya, ustadz, apakah menelan air ludah yang bercampur air wudhu saat solat itu membatalkan solat?

  3. ustadz, apakah kalau puasa kita diperbolahkan berwudhu dengan tidak berkumur?

    • Waalaikumussalam warahmatullah, jika bercampur air wudhu sebaiknya jangan ditelan. Namun jika Anda sudah berupaya membuang sisa air wudhu di mulut, kemudian ketika shalat, Anda terasa menelan sisa air wudhu yang bercampur ludah, insya Allah tidak masalah. Shalat Anda tidak batal.

      Saat puasa, disunahkan tetap berkumur, namun tidak berlebihan dalam memasukkan air ke mulut dan hidung

  4. Assalamualaikum wr wb, ustadz apakah diperbolehkan titip keuntungan dalam sebuah traksaksi,semisal ada orang meminta bantuan menjualkan rumah atau mobil kepada saya lalu saya menitipkan keuntungan dari harga yang ditawarkan apabila terjadi transaksi jual beli ?

    • Waalaikumussalam warahmatullah, boleh mengambil keuntungan dengan syarat, si pemilik rumah atau pemilik mobil tahu hal itu. Anda tidak boleh menambah harga jual, karena barang itu bukan milik Anda. Menjual barang yang belum dimiliki tidak diperbolehkan. Dalam riwayat hadits disebutkan:

      نهى رسول الله صلى الله عليه وسلم عن بيع ما لا يملك

      Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melarang jual beli barang yang belum dimiliki

  5. Assalamualaikum……..
    Sy bingung dgn doa2 sy di saat berdoa minta di jauhkan dr penyakit dan marabahaya ehhh…..malah sakit/kena musibah.
    Di saat berdoa di berikan rejeki/uang yg byk dan berkah sy malah mendapat kesusahan dgn keuangan. Kenapa ya pk ustad…..mohon pencerahannya.
    Jazakallahu khoir……

    • Walaikumussalam warahmatullah, berdoa merupakan amalan ibadah yang agung. Anda telah meraih pahala yang besar saat Anda berdoa, meskipun permohonan Anda belum dikabulkan.

      Barangkali dengan apa yang Anda alami, Allah ingin menguji kesungguhan Anda dalam berdoa, atau Allah ingin menghapus dosa-dosa Anda dengan musibah yang Anda rasakan. Setiap kesulitan, sakit dan musibah yang menimpa seorang muslim adalah penghapus dosa baginya. Bukankah menebus dosa di dunia dengan musibah lebih ringan daripada menebus dosa di akhirat dengan azab?

  6. usman hj madeaming

    Assalamualaikum,

    Saya mahu bertanyakan hukum menyebarkan kematian seseorang sedangkan dia belum mati. Oleh kerana kita terkadang kita meyakini perkabaran itu maka ia saya pun sama mengkabarkan kematian tersebut. Sedang itu belum mati tetapi sehat walafiat.

    • Waalaikumussalam warahmatullah, ini diantara hikmah wajibnya tastabbut (kroscek) dalam menerima kabar berita, agar tidak terjadi hal-hal seperti yang Anda sebutkan.

      Jika berita tersebut keliru, Anda harus memberikan klarifikasi meluruskan berita yang terlanjur tersebar. Jika Anda bisa meminta maaf kepada korban berita, itu lebih baik

  7. Dian wijayanto

    Bolehkah seorang lelaki melihat ataupun memperlihatkan perut six pack kepada sesama seorang lelaki

    • Aurat laki-laki adalah bagian tubuh diantara pusar dan lutut, menurut pendapat kebanyakan ulama. Anda tidak boleh menampakkan aurat Anda kepada yang lain, namun boleh menampakkan bagian tubuh yang bukan aurat

  8. Jika saya ingin bertanya, apakah juga bisa langsung saya ketikkan di sini?
    Saya butuh pencerahan n pelurusan terkait masalah rumah tangga yg melibatkan orang tua.
    Terima kasih…

  9. Bismillah.
    Bagaimana menghadiri pernikahan atau mendatangi rumahnya untuk mengucapkan selamat kepada seorang yg bukan memegang islam??
    Dengan alasan karana si fulan sudah di anggap keluarga bagi yg di undang ke pernikahan.
    Jazzakallahkhairan .

    • Anda boleh menghadiri pernikahan non muslim, jika tidak terdapat kemungkaran di resepsi pernikahannya. Menghadiri undangan pernikahan non muslim hukumnya tidak wajib. Berbeda dengan undangan pernikahan seorang muslim, Anda wajib menghadirinya.

  10. asalamu’alaikun
    saya mau tanya
    apa hukumnya pasangan suami istri berhubungan i tim saat bulan ramadhan tapi keduanya dalam keadaan tidak berpuasa?
    terima kasih

    • Waalaikumussalam warahmatullah, perlu dijelaskan apa sebab pasangan suami istri itu tidak berpuasa?

      Jika keduanya tidak berpuasa tanpa udzur, lalu berhubungan intim di siang hari Ramadhan., maka keduanya berdosa, wajib mengqadha (mengganti) puasanya di luar Ramadhan dan wajib membayar kaffarah yaitu berpuasa dua bulan berturut-turut, jika tidak mampu, mereka masing-masing wajib memberi makan 60 orang miskin

  11. Ass. seorang tunangan saya mau menginap d rmah mantan suami nya karena di sana ada anak nya. tapi d rumah itu tidak ada mantan suami nya yg ada d rumah itu cuman ibu bapak mantan suami nya dan anak nya apakah itu d perboleh kan

    • Waalaikumussalam warahmatullah, Bapak ibu mertua adalah mahram bagi si menantu, meskipun ia telah cerai dari suaminya. Insya Allah tidak apa-apa menginap di rumah tersebut, asalkan aman dari fitnah atau hal-hal yang tidak diinginkan.

  12. Ass. .

    Ananda mau menyakan soal riba. . .

    Bagaimana hukum ibadah dari anak seorang rentenir
    apakah ibadahnya diterima atau tidak ??

  13. Waalaikumussalam warahmatullah, seorang tidak menanggung dosa orang lain, demikian pula seorang anak, ia tidak menanggung dosa orang tuanya pemakan riba.

    Jiks harta orang tuanya bercampur antara yg halal dan haram, tidak apa-apa sang anak makan dari harta orang tuanya tersebut. Namun jika harta orang tuanya 100 persen dari penghasilan yang haram, maka anak makan dari harta orang tuanya seperlunya saja, karena ia dalam kondisi terpaksa (darurat).

    Jika sang anak beribadah dengan ikhlas dan sesuai tuntunan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, insya Allah ibadahnya diterima

  14. 5 Kewajiban umat muslim,salah satunya adalah hukumnya wajib menjawab salam. Lantas bagaimana seorang makmum jika imam memberi salam di akhir sholatnya.

  15. Perintah menjawab salam adalah umum, berlaku dalam semua keadaan. Namun dalam kondisi tertentu, seorang tidak wajib menjawab salam, diantaranya ketika dalam kondisi shalat karena Rasulullah shallallahu alaihi wasallam sendiri menyatakan “shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku shalat”. Rasulullah membaca salam ketika mengakhiri gerakan shalat, kita pun mengikuti beliau hanya membaca salam. Karena dalam hadits tidak disebutkan perintah menjawab salam.

    Demikian pula saat Anda dalam kondisi shalat, lalu ada seorang yang mengucapkan salam kepada Anda, hukumnya tidak wajib menjawab salam saat itu. Karena Anda berada pada kondisi tertentu yang tidak diwajibkan menjawab salam

  16. assalamualaikum,
    ananda ingin bertanya soal ibu yg mengambil harta anak dan menantunya diam-diam. apakah itu diperbolehkan dalam islam?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 6.020 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: