Ingin Belajar Tajwid Tapi Anak Tak Terurus, Harus Bagaimana?

Oleh: Al-Ustadz Sofyan Chalid bin Idham Ruray

Pertanyaan: Bismillah. Afwan mau nanya, sudah sebulan ini ana belajar tajwid bersama ummahat di luar rumah (di rumah salah seorang ummahat) dari hari Senin-Kamis pagi hari (tajwidnya hanya ada di pagi hari). Sementara ana punya 2 anak balita. Kalau ana pergi belajar pagi, anak-anak belum sempat terurus makannya. Yang mau ana tanyakan mana lebih utama antara belajar tajwid di luar atau mengurus anak di rumah?

Jawaban:

Pertama: Hendaklah berusaha semaksimal mungkin untuk dapat memadukan dua kebaikan, antara kewajiban seorang ibu mengurus anak dan belajar tajwid, mungkin bisa diatur waktu memberi makan anak lebih pagi lagi, atau mengusahakan jadwal belajar yang lain.

Kedua: Kalau memang tidak bisa dipadukan, hendaklah didahulukan mengurus anak, adapun belajar tajwidnya bisa dengan cara lain seperti mendengarkan kaset. Sebab membiarkan anak kelaparan atau meninggalkan tugas sebagai seorang istri dan ibu adalah suatu mudarat, walaupun belajar tajwid adalah sebuah maslahat, tetapi kaidah umum dalam syari’at,

ﺩﺭﺀ ﺍﻟﻤﻔﺎﺳﺪ ﻣﻘﺪﻡ ﻋﻠﻰ ﺟﻠﺐ ﺍﻟﻤﺼﺎﻟﺢ

“Menolak kerusakan lebih didahulukan dibanding meraih kemaslahatan.”

ﻭﺑﺎﻟﻠﻪ ﺍﻟﺘﻮﻓﻴﻖ ﻭﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻰ ﻧﺒﻴﻨﺎ‎ ‎ﻣﺤﻤﺪ ﻭﺁﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﻭﺳﻠﻢ

Sumber: http://nasihatonline.wordpress.com/2012/12/22/ibu-belajar-tajwid-tapi-anak-tak-terurus/

About Fadhl Ihsan

Silakan temukan saya di http://facebook.com/fadhl.ihsan

Posted on 30/12/2012, in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar